Categories

Business

Langkah Mudah Mengembangkan Startup dengan Maybank SUKA

Tantangan bagi pendiri startup dalam mengembangkan bisnis

Dewan Republikan - 8 May 2019

Mengembangkan usaha seringkali terbilang sulit oleh banyak orang. Hal ini adalah bagian yang akan dialami oleh para pebisnis startup. Setelah bisnis sudah dirintis dan product/market fit terjadi, para startup founder akan menghadapi tantangan berikutnya: mengembangkan bisnis atau scale up.

Biasanya hal ini harus di sertai dengan antisipasi dari para pebisnis, melalui beberapa hal, seperti perhatian lebih pada bagian pemasaran, perencanaan bisnis model terukur, manajemen sumber daya manusia, hingga pengelolaan keuangan.

Tidak peduli seberapa hebat produk atau ide bisnis Anda, seberapa efisien dapat beroperasi, dan seberapa besar pertumbuhan perusahaan , kebutuhan terhadap modal akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda . Bahkan perusahaan-perusahaan yang punya pendanaan baik hingga miliaran dolar dan bernilai jutaan dolar mereka juga membutuhkan pembiayaan yang mungkin lebih banyak dari yang anda bayangkan.

Rancangan yang informatif dan detil akan membuat calon investor memiliki gambaran yang jelas akan usaha Anda. Terlebih jika Anda mampu meyakinkannya untuk bekerjasama dengan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk mendapat tambahan modal usaha .

1.Mengajukan Proposal

Proposal merupakan jembatan bagi perusahaan untuk mencari tambahan modal usaha baik untuk mencari investor ataupun pinjaman modal. Proposal yang menarik dan sesuai dengan situasi usaha akan memberikan dampak yang besar terhadap penilaian perusahaan. Oleh karena itu, buatlah proposal semenarik mungkin untuk menarik hati calon investor. Proposal ini harus berisi secara detail terkait visi dan misi perusahaan yang Anda jalani, posisi arus kas perusahaan, dan rencana usaha yang akan datang.

Beberapa tahun terakhir banyak program pendanaan yang diluncurkan secara online dari investor individu menjadi sangat populer bagaikan “malaikat”, dan bahkan bank maupun investor korporasi mencari cara-cara baru untuk mengucurkan modal bagi mereka. Para investor biasanya menjalankan melalui situs peer-to-peer (P2P) lending dengan menawarkan pinjaman bisnis kepada portal crowd funding yang berbasis donasi, pinjaman, dan ekuitas.

Ketika seorang investor telah menyeetujui untuk menanamkan modalnya pada usaha Anda, investor tersebut berharap bisa mendapatkan profit dari usaha tersebut. Sebelum memutuskan hal tersebut tentunya mereka sudah mempertimbangkan dengan matang kerugian apa yang akan mereka hadapi dengan mengamati perjalanan arus kas perusahaan Anda melalui neraca keuangan. Oleh karena itu, sebelum mencari investor, Anda perlu merapikan neraca tersebut dengan dengan perhitungan kas, utang, aktiva lancar, dan aktiva tetap secara terpisah dan detail.

2. Perlunya Diversifikasi Bisnis

Seperti halnya berinvestasi, bisnis juga harus menerapkan metode diversifikasi sehingga target penjualan lebih bervariasi, yang bertujuan untuk meminimalkan risiko penjualan.

Apabila produk yang Anda tawarkan hanya ditujukan secara khusus kepada satu target segment pelanggan sesuai dengan demografisnya, bisnis Anda akan mengalami masalah besar apabila terjadi berpindah haluan ke produk yang lebih efisien bagi mereka,maka perlahan bisnis Anda akan mulai ditinggalkan. Namun jika Anda memiliki produk lain dengan target yang berbeda, Anda memiliki ‘alternatif’ pasar yang bisa di kembangkan.

3. Gunakan Fasilitas Pembiayaan

Salah satu cara untuk mendapatkan pendanaan adalah melalui fasilitas pembiayaan, misalnya melalui Maybank SUKA sebagai solusi mudah untuk usaha Anda. Apabila usaha Anda sudah berumur minimal 2 tahun, Anda berpeluang untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan yang tepat sesuai kebutuhan usaha Anda, dengan beragam manfaat yang. dapat menjadi solusi bagi bisnisAnda.

Manfaat dari fasilitas pembiayaan ini antara lain ialah:
Efisiensi. Anda akan mudah mengakses Program Maybank SUKA yang dilengkapi dengan layanan transaksi perbankan yang terintegrasi, Semakin banyak produk layanan Maybank yang Anda miliki, maka suku bunga pinjaman dan simpanan lebih kompetitif.
Dapat diajukan secara online www.maybank.co.id
Usaha terus berkembang dengan untung berlipat ganda. Jangka waktu kredit hingga 15 tahun.
Pembiayaan tersedia dalam mata uang rupiah dan valuta asing.

Syaratnya pun mudah, dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai pendiri yang merintis perusahaan, kebijakan untuk memilih investor yang se jalan dengan visi dan misi dari bisnis yang dikembangkan, dapat dimulai dari membangun tim yang solid yang terdiri darii orang-orang sekeliling yang mensupport penuh bisnis Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai Maybank SUKA, bisa dapat melalui link berikut ini http://bit.ly/MaybankSUKA


Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Maybank.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter