Categories

Gadget

Laowa 10mm F2 Zero-D MFT Adalah Lensa Ultra-Wide-Angle Compact untuk Kamera MFT Berbadan Kecil

Laowa 10mm F2 Zero-D MFT focal length setara 20mm di full frame

Lukman Azis - 21 December 2020

Kamera mirrorless yang menggunakan sensor Micro Four Thirds (MFT) memiliki crop factor 2x dibanding full frame. Ini berarti bila pengguna ingin menangkap pemandangan yang lebar, maka membutuhkan lensa ultra-wide-angle.

Baru-baru ini, Venus Optics telah mengumumkan lensa ultra-wide-angle keduanya dengan teknologi Zero-Distortion untuk sistem Micro Four Thirds yakni Laowa 10mm F2 Zero-D MFT, sebelumnya sudah ada Laowa 7.5mm F2 MFT. Dimensi lensa ini sangat compact, sehingga cocok digunakan untuk kamera MFT berbadan kecil dan memiliki focal length setara 20mm di full frame.

Laowa 10mm F2 Zero-D MFT ini terdiri dari sebelas elemen dan dalam tujuh grup, termasuk tiga elemen extra-low dispersion. Ukuran panjangnya hanya 41mm, diameter 53mm, dan beratnya cukup ringan hanya 125 gram.

Seperti lensa Laowa lain dalam lini Zero-D, lensa ini dirancang khusus untuk meminimalkan distorsi untuk memberikan perpektif sudut lebar yang lebih natural. Ini berarti saat memotret arsitektur dan cityscape, hasilnya tidak akan tampak miring.

Lensa ini tidak memiliki fitur autofocus, kontrol fokus dilakukan secara manual. Namun Loawa memiliki contact yang memungkinkan mengatur aperture melalui kamera dan menyediakan data EXIF di dalam file foto.

Fitur lainnya termasuk diafragma aperture lima bilah, jarak fokus minimumnya 12cm, dan ulir filter depan berukuran 46mm. Untuk harganya, lensa ultra-wide-angle Laowa 10mm F2 Zero-D MFT ini dibanderol US$399 atau sekitar Rp5,6 jutaan. Berikut contoh foto yang diambil menggunakan lensa ini.

Sumber: DPreview

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter