3 July 2018

by Glenn Kaonang

App Annie Luncurkan Laporan 10 Aplikasi dan Game iOS Terpopuler Selama 10 Tahun Terakhir

Meski bukan yang paling populer, Netflix dan Clash of Clans adalah aplikasi dan game yang mendatangkan keuntungan paling besar buat pengembangnya

Tanggal 10 Juli nanti, iOS App Store resmi menginjak usianya yang ke-10. Di awal peluncurannya, cuma ada 500 aplikasi yang tersedia, namun tentu saja jumlahnya sekarang sudah bertambah drastis menjadi lebih dari 2 juta aplikasi.

Dari jutaan aplikasi yang tersedia, mana yang paling banyak diunduh pengguna selama 10 tahun App Store berkiprah? Daftar 10 aplikasi yang paling banyak diunduh selama Juli 2010 - May 2018 bisa Anda lihat pada gambar di bawah, yang diambil dari laporan komprehensif para analis di App Annie.

10 aplikasi iOS yang paling banyak diunduh / App Annie

Ada beberapa hal menarik yang bisa kita lihat. Yang pertama, empat dari lima aplikasi teratas (kecuali YouTube) adalah milik Facebook. Kedua, Google Maps yang menduduki urutan ke-6 bisa menjadi indikasi bahwa Apple Maps memang benar-benar busuk, sehingga wajar apabila Apple hendak menggarapnya kembali dari awal.

Lain ceritanya untuk aplikasi yang paling banyak menghasilkan uang. Di sini Netflix adalah juaranya, dengan total pendapatan nyaris $1 miliar, dan itu hanya dari platform iOS saja. Yang menarik, lima aplikasi dari daftar yang ada pada gambar di bawah adalah aplikasi streaming video (Netflix, Tencent Video, iQIYI, HBO NOW dan Kwai).

10 aplikasi iOS dengan pendapatan terbesar / App Annie

Fakta bahwa aplikasi streaming (video maupun audio) mendominasi ini menarik karena di tahun 2010, yang paling menghasilkan adalah aplikasi produktivitas (Documents To Go), diikuti oleh sejumlah aplikasi produktivitas lain dan aplikasi GPS. WhatsApp, yang kala itu masih harus dibayar di depan (bukan subscription), juga termasuk sepuluh besar.

10 game iOS yang paling banyak diunduh / App Annie

Untuk kategori game, Candy Crush Saga rupanya masih menempati urutan pertama soal jumlah unduhan, dengan total lebih dari 280 juta unduhan. Game-game lawas seperti Fruit Ninja dan Angry Birds pun ternyata masih masuk dalam 10 teratas.

10 game iOS dengan pendapatan terbesar / App Annie

Namun game yang paling menghasilkan uang bagi pengembangnya bukanlah Candy Crush, melainkan Clash of Clans, yang dilaporkan telah meraup lebih dari $4 miliar, empat kali lebih tinggi dibanding perolehan Netflix. Pokemon GO di sisi lain hanya menduduki urutan ke-10 untuk game iOS dengan pendapatan terbesar.

Industri aplikasi mobile adalah industri yang serius, dan laporan App Annie ini semakin mempertegas anggapan tersebut. Tercatat sejak Juli 2010, sudah ada lebih dari 10.000 aplikasi yang berhasil mendatangkan lebih dari $1 juta buat pengembangnya masing-masing. Jumlahnya pasti bakal terus bertambah seiring bergesernya tren model bisnis ke jenis subscription.

Sumber: App Annie dan VentureBeat.