1. Startup

Laporan DSInnovate: Perkembangan Insurtech di Indonesia 2021

Berisi data dan temuan terkait industri asuransi dan ekosistem startup insurtech di Indonesia

Asuransi menjadi salah satu bidang bisnis yang dinilai menjanjikan untuk digarap oleh startup digital. Ada banyak aspek layanan yang bisa dikembangkan, mulai dari edukasi konsumen, simplifikasi proses pemenuhan produk, hingga proses klaim yang lebih instan.

Di Indonesia layanan insurtech (insurance technology) bisa dibilang masih dalam tahap awal. Kendati secara kuantitas pemainnya belum banyak, namun beberapa di antaranya sudah memiliki model bisnis yang valid, salah satunya divalidasi melalui pendanaan lanjutan dari pemodal ventura.

Untuk melihat lebih jauh bagaimana perkembangan bisnis insurtech di Indonesia, DSInnovate merilis laporan bertajuk "Insurtech Ecosystem in Indonesia Report 2021". Di dalamnya berisi empat pembahasan utama, meliputi:

  1. Kondisi industri asuransi di Indonesia
  2. Konsep insurance technology
  3. Perkembangan insurtech di Indonesia
  4. Peluang dan tantangan bisnis insurtech

Banyak data dan temuan menarik yang terungkap dalam laporan, misalnya bisnis asuransi secara umum cenderung cepat pulih di tengah pandemi. Kendati sempat menurun di periode awal tahun 2020, Gross Premium Income kembali meningkat per Juni 2020.

Selanjutnya, sejak tahun 2018 tercatat 6 transaksi pendanaan yang melibatkan 3 startup insurtech di Indonesia, membukukan hampir $80 juta. Selain itu masih ada hal-hal menarik yang disorot dalam laporan, termasuk model bisnis insurtech, daftar insurtech di Indonesia, hingga studi kasus kolaborasi antarpemain dan dengan korporasi.

Selengkapnya unduh laporannya melalui tautan berikut ini: Insurtech Ecosystem in Indonesia Report 2021

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again