26 April 2017

by Bambang Winarso

Pengapalan Smartphone Huawei Kembali Berjaya, Xiaomi Melempem

Laporan Canalys menyebutkan Huawei mengapalkan 21 juta unit smartphone, sedangkan Xiaomi hanya 9 juta

Huawei sekali lagi dinobatkan sebagai pabrikan paling berjaya di Tiongkok. Dalam data pengapalan perangkat kuartal pertama 2017 yang dilaporkan oleh Canalys terungkap bahwa Huawei berhasil menjadi yang terbanyak mengirimkan perangkat ke pasar Tiongkok dengan persentase sebesar 18%. Totalnya ada 21 juta unit smartphone yang dikapalkan oleh Huawei, mengalahkan Oppo yang hanya mengapalkan 20 juta unit, kendati data pengapalan Oppo tetap mengesankan dengan angka pertumbuhan sebesar 55% dari tahun ke tahun.

Di posisi ketiga ada Vivo yang memegang 15% pangsa pasar dengan angka pengapalan sebanyak 17%. Menurut Canalys, lebih dari 50% pangsa pasar smartphone di Tiongkok dikuasai oleh Huawei, Oppo dan Vivo. Menandakan bahwa pasar smartphone di Tiongkok terus tumbuh dengan angka pengapalan naik lebih dari 9% dari tahun ke tahun. Tetapi ini juga jadi indikasi yang sangat jelas bahwa pasar smartphone Tiongkok sedang mengalami konsolidasi.

Sebagai perbandingan, tahun lalu di kuartal yang sama Huawei, Vivo dan Oppo jika digabungkan hanya menyentuh angka 42%  dari total pangsa pasar. Kemudian Xiaomi yang tahun lalu masih duduk di posisi ketiga tampaknya kian tertekan dengan geliat bisnis penghuni tiga besar di atas. Kini posisi Xiaomi turun ke peringkat kelima dengan pengapalan hanya 9 juta unit. Selanjutnya, Apple berhasil menggeser Xiaomi untuk duduk di peringkat keempat, melengkapi total 114 juta unit smartphone dikapalkan di Tiongkok di kuartal pertama 2017.

Yang menarik, Oppo dan Vivo adalah perusahaan yang disokong oleh perusahaan yang sama, BBK Electronics. Jadi, jika dikalkulasikan lagi, maka sebenarnya secara teknis BBK-lah perusahaan perangkat paling besar di Tiongkok.

Sumber gambar header ilustrasi Fortune.