3 September 2018

by Yoga Wisesa

Laptop Ultra-Thin High-End Baru MSI Diramu Buat Para Talenta Kreatif

Ia merupakan inkarnasi berbeda dari ultrabook gaming GS65 Stealth Thin.

Seperti banyak perusahaan hardware lain, MSI telah mencoba mengembangkan bisnisnya ke beragam ranah. Namun keputusan mereka untuk fokus pada gaming sembari mengubah branding perusahaan beberapa waktu silam merupakan arahan tepat. Saat ini, produk Micro-Star International ialah salah satu pilihan favorit konsumen di segmen gaming.

Meski demikian, perusahaan asal Taiwan ini tetap mempertahankan eksistensi dari produk-produk pendukung kreasi dan bisnis mereka. Selain hardware gaming, MSI sudah lama menyediakan lini mobile workstation, dalam bentuk laptop maupun mini desktop. Dan walaupun sempat absen dari pasar Indonesia, produsen juga terus mengembangkan keluarga notebook Prestige - penjelmaan terkininya adalah PS42.

Dan di ajang IFA Berlin 2018, MSI menyingkap satu lagi notebook tipis berperforma tinggi yang diciptakan untuk 'para individu kreatif'. Dinamai P65 Creator, produsen menyiapkan produk ini buat para fotografer, desainer, hingga animator 3D. Menariknya, P65 Creator bukanlah anggota keluarga Prestige. Dari namanya, ia boleh dikatakan sebagai inkarnasi berbeda dari 'ultrabook gaming' GS65 Stealth Thin.

Seperti sepupu gaming-nya itu, P65 Creator adalah laptop 15,6-inci dengan ukuran tubuh serta bingkai layar super-tipis. Notebook memiliki ketebalan 17,9mm dan berbobot 1,88kg. Desain, layout tombol, peletakan webcam, posisi logo, pola lubang ventilasi, hingga penggunaan engsel 180 derajat di P65 Creator tak berbeda dari varian GS65 Stealth Thin. Anda kembali disuguhkan bezel 4,9-inci, sehingga rasio panel ke tubuhnya mencapai 82 persen.

Yang membuat P65 Creator berbeda ialah warna serta kehadiran sensor sidik jari di area touchpad. Warna produk merepresentasikan spesifikasi: Silver Edition dipersenjatai kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1060 Max-Q atau GTX 1050 Ti, sedangkan White Limited Edition dibekali GeForce GTX 1070 Max-Q. Dan khusus di edisi terbatasmua, MSI turut membubuhkan dukungan audio Hi-Res dan port Thunderbolt 3.

Selain itu, kedua versi mempunyai konfigurasi hardware yang identik. Anda akan menemukan prosesor Intel Core i7 generasi kedelapan, RAM DDR4-2666 sampai 32GB, sistem penyimpanan berupa SSD NVMe PCIe Gen3 M.2 plus SSD M.2, serta konektivitas Wi-Fi 802.11 ac dan Bluetooth 5. Sedikit menilik panelnya, P65 Creator sepertinya tidak menyajikan refresh rate 144 seperti GS65 Stealth Thin, tapi tetap ditunjang resolusi FHD dengan sRGB 100 persen dan NTSC 72 persen.

Saat artikel ini ditulis, MSI belum mengabarkan kapan tepatnya P65 Creator akan tersedia dan berapa harganya. Di IFA Berlin 2018 yang sedang berlangsung sekarang, mereka mengabarkan rencana untuk memasarkan laptop ini (dan juga Prestige PS42) sebagai produk komersial yang turut ditopang oleh sejumlah teknologi Intel.