Categories

Gadget

Seperti Supercar, Laptop VAIO Z Unggulkan Bodi yang Sepenuhnya Terbuat dari Serat Karbon

Benar-benar seamless tanpa dibantu plastik atau logam sebagai komponen penghubung

Glenn Kaonang - 19 February 2021

Penggunaan material carbon fiber atau serat karbon pada laptop bukanlah barang baru. Namun fakta tersebut tidak mencegah VAIO mengejar pencapaian yang sangat ambisius terkait dua hal itu. Laptop terbaru mereka, VAIO Z, memiliki rangka yang sepenuhnya terbuat dari bahan serat karbon.

Untuk mewujudkannya, tim engineer VAIO harus mengembangkan teknik membengkokkan serat karbon yang sebelumnya hanya bisa dicapai di industri otomotif. Tanpa proses yang kompleks seperti ini, produsen laptop selama ini harus mengandalkan komponen yang terbuat dari plastik atau logam untuk dijadikan penghubung antara panel-panel serat karbon yang digunakan.

Hasilnya bukan cuma desain yang terlihat seamless, melainkan juga struktur yang lebih kokoh selagi menjaga bobot perangkat tetap ringan. Tidak tanggung-tanggung, VAIO mengklaim laptop terbarunya ini bisa selamat meski jatuh dari ketinggian 127 cm. Cukup impresif mengingat bobot VAIO Z secara keseluruhan tidak lebih dari 1,04 kilogram.

Sebagai laptop kelas high-end, tidak mengherankan apabila VAIO Z mengusung spesifikasi yang sangat mumpuni, mulai dari layar 14 inci beresolusi 4K, sampai prosesor terbaru Intel Core i7-11357H pada varian termahalnya. Layarnya ini bisa dibuka sampai rata dengan meja (180°), dan pengguna tidak perlu menahan bagian palm rest untuk membuka atau menutupnya berkat engsel spesial yang VAIO rancang.

Melengkapi spesifikasinya adalah RAM berkapasitas 16 atau 32 GB, SSD PCIe 4.0 dengan besaran maksimum 2 TB, serta baterai yang diklaim bisa tahan hingga sekitar 10 jam pemakaian. Semua itu dikemas dalam bodi setebal 17 mm saja. Meski tipis, VAIO Z rupanya masih punya ruang untuk satu port HDMI dan dua port USB-C (Thunderbolt 4). Itu berarti pengguna dapat menyambungkannya ke tiga monitor 4K sekaligus jika perlu.

Seperti halnya supercar bersasis serat karbon yang harganya tidak masuk akal, banderol harga VAIO Z pun jauh dari kata murah. Di Amerika Serikat, varian terendahnya dijual dengan harga mulai $3.579, setara harga laptop gaming yang mengemas kartu grafis diskret paling high-end. Supercar bukan untuk semua orang, demikian pula laptop ini.

Sumber: Engadget dan Business Wire.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter