Categories

Berita

LastFM Kenakan Biaya Untuk Pengguna Internasional (UPDATED)

Rama Mamuaya - 25 March 2009

Last.fm, layanan rekomendasi musik dan audio streaming yang populer hari ini mengumumkan bahwa Last.fm akan mengenakan biaya sebesar $4.40 per bulan untuk para pengguna diluar AS, Inggris dan Jerman. Di tiga negara tersebut LastFM sudah cukup sukses mendatangkan revenue melalui iklan, namun di negara lainnya LastFM harus mencari biaya tambahan dan akan dibebankan kepada pengguna.

Langkah yang sangat disayangkan karena saya sendiri adalah pengguna setia LastFM  sejak cukup lama dan tentu saja hal ini akan cukup memberatkan saya. Namun di sisi lain LastFM memang perlu mempertahankan kualitas layanannya untuk semua pengguna dan 'terpaksa' membebankannya ke pengguna. Saya pikir LastFM sendiri merupakan sebuah layanan yang cukup monetisable dan seharusnya bisa mencari cara lain untuk mendatangkan revenue dari pengguna internasional.

Ambil saja contoh negara kita sendiri, band-band yang berasal dari Indonesia cukup banyak bertebaran di LastFM dan pendengarnya pun lumayan banyak. Mungkin akan lebih masuk akan kalau biaya $4.40 per bulan tersebut dibebankan ke band-band lokal yang saya cukup yakin tidak akan berkeberatan untuk membayarnya. Band-band lokal ini mungkin memang bukan core-business target dari LastFM tapi lebih ke sebuah fitur spesial atau localized content yang tentunya juga merupakan nilai tambah tersendiri bagi pengguna Indonesia.

UPDATES

LastFM kemudian mengumumkan hal lain yang mungkin tidak mengganggu pengguna, namun cukup mengganggu untuk para provider aplikasi pihak ketiga. LastFM melalui sebuah blog post mengumumkan akan menutup API-nya untuk aplikasi pihak ketiga seperti Mobbler, dan MyStrands. Melalui post tersebut LastFM menekankan bahwa dibukanya API hanya berlaku sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu, dan LastFM juga menekankan bahwa API ini tidak akan ditutup rapat melainkan dapat digunakan setelah diadakan perjanjian kerjasama.

Dua berita buruk dalam satu dari oleh satu layanan, sebuah indikasi yang cukup bagi saya untuk menafsirkan bahwa LastFM akan segera menarik revenue dari layanannya.

sumber:rww

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter