Categories

Mobile

Firefox OS Bisa Dicicipi Lewat Wujud Launcher Android

Firefox OS 2.5 Developer Preview sudah bisa dicoba di perangkat berbasis Android

Bambang Winarso - 12 November 2015

Anggapan bahwa Firefox OS sudah sukses melewati hadangan pertama tidak sepenuhnya salah. Platform baru berbasis HTML5 ini tak ditampik telah banyak ditanamkan ke sejumlah perangkat mulai dari smartphone hingga televisi. Tapi untuk bisa menandingi duo Android dan iOS, sepertinya masih sangat jauh.

Walau begitu, setidaknya pengembang telah mengupayakan segala cara untuk mengklaim satu posisi di ekosistem sistem operasi mobile. Salah satu cara terbaru yang mereka tempuh adalah dengan memberikan akses kepada pengguna Android agar mencicipi sendiri seperti apa rasanya menggunakan Firefox OS.

Sebelumnya hanya ada dua cara untuk bisa merasakan Firefox OS, yaitu pertama dengan membeli perangkatnya langsung. Kedua dengan cara memasang ROM Firefox. Tapi sekarang, pengembang Firefox OS memberikan satu cara baru yang lebih mudah dan sederhana, yaitu dengan membuatkan aplikasi launcher yang dapat dipasang ke smartphone Android layaknya aplikasi lain. Artinya, Anda tidak perlu melakukan root, flash dan install ROM yang prosedurnya sudah barang tentu membingungkan dan beresiko.

Yang menjadikannya cukup menarik, selain interface Mozilla mengklaim aplikasinya ini akan menggantikan beberapa perilaku Android. Menghadirkan pengalaman yang mendekati versi penuh Firefox OS.

Namun berhubung aplikasi masih dalam fase pengembangan, Mozilla tak menampik aplikasinya ini masih menyimpan bugs di beberapa fungsi yang diakibatkan oleh konflik antara aplikasi bawaan Firefox OS dan sistem Android.

Secara umum, Firefox OS dalam wujud launcher ini menyuguhkan beberapa hal menarik. Pertama ia mendukung tambahan add-ons seperti halnya aplikasi peramban Firefox di desktop. Add-ons ini akan memperkaya fungsionalitas aplikasi untuk berbagai keperluan.

Private Browsing juga dihadirkan oleh Mozilla, plus fitur Tracking Protection yang baru saja diluncurkan. Memungkinkan pengguna untuk total tersembunyi kala menjelajah dunia maya.

Terakhir, Pin the Web yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan halaman web apapun ke layar home.

Seperti apa pastinya, silahkan unduh aplikasi Firefox OS 2.5 Developer Preview di tautan ini.

Sumber berita Mozilla dan gambar header mozilla/community.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter