31 January 2017

by Bambang Winarso

Launcher Rasa Android Nougat Mendarat untuk Samsung Z1, Z2 dan Z3

Aplikasi launcher ini sudah dapat dijumpai di toko aplikasi Tizen Store

Sebagai sebuah sistem operasi yang masih hijau, wajar jika Tizen belum mempunyai ekosistem yang solid seperti Android atau iOS. Tapi, Samsung punya visi yang sempurna untuk Tizen plus sumber daya yang sangat baik untuk mengembangkan Tizen. Kendati memang selain kekuatan dalam dirinya, Samsung juga butuh dukungan para pengembang untuk mencapai posisi yang ideal. Beruntung jalan ke arah itu mulai terbuka secara perlahan menyusul hadirnya aplikasi baru yang terbilang mengejutkan.

Seorang pengembang bernama Slawomir Musial baru saja meluncurkan aplikasi launcher berbasis Nougat yang ditujukan untuk perangkat Tizen. Memungkinkan pemilik Samsung Z1, Z2 dan Z3 untuk merasakan tatap muka seperti yang dipunyai smartphone Google Pixel atau LG V20 yang sudah lebih dulu mencicipi Android 7.0 Nougat.

Dinamai Nougat Launcher, aplikasi menghadirkan tema berasa Googlicious yang memiliki sentuhan ala Nougat meskipun sedikit mengingatkan kita dengan tema-tema berbau Marshmallow yang banyak bertebaran di toko Samsung dan Android. Namun jika diamati lebih dalam, launcher tetap mempunyai kesan Tizen yang masih kuat.

Tampilan paling khas adalah hadirnya logo G degan polesan berbagai warna di bagian kiri layar utama, mengingatkan kita akan Pixel Launcher di smartphone Google Pixel dan Pixel XL. Tambahan menarik lainnya, launcher dapat mencari aplikasi yang sudah terpasang dan beberapa perilaku yang disesuaikan dengan Android Nougat. Sayangnya, di launcher ini pengguna belum dapat menambahkan shortcut aplikasi baru ke layar home.

Sumber berita TizenExperts dan gambar header ilustrasi logo Nougat.