Lava Pixel V1, Smartphone Android One Generasi Kedua Resmi Meluncur di India, Ini Spesifikasinya

Lava Pixel V1, Smartphone Android One Generasi Kedua Resmi Meluncur di India, Ini Spesifikasinya

android one 2nd gen
android one 2nd gen

Kendati para analis sempat pesimis dengan perkembangan smartphone program Android One, namun hal itu tidak menyurutkan pihak Google bersama mitra brand untuk melakukan insiasi selanjutnya terhadap program Android One yang pernah mereka canangkan beberapa tahun lalu. 

Setelah melakukan kerjasama dengan sejumlah pabrikan smartphone di India dan memasarkan smartphoneAndroid One di beberapa negara berkembang termasuk Indonesia, kini smartphone Android One generasi kedua yang dijejali dengan spesifikasi yang cukup bertenaga telah hadir untuk pasar India.

Jika spesifikasi pada smartphone Android One generasi pertama masih bisa dibilang ‘seadanya’ maka pada smartphone Android One generasi kedua ini standar spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya telah dihadirkan.

Info Menarik: OnePlus 2 Resmi Diperkenalkan, Simak Spesifikasi Lengkapnya di Sini!

Lava Pixel V1, smartphone yang dibesut oleh salah satu pabrikan asal India, telah dirilis sebagai produk smartphone dari inisiasi Google Android One generasi kedua.

Acara peluncurannya sendiri dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Juli 2015 kemarin, bertempat di Taj Palace Hotel, New Delhi India. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah awak media, beberapa petinggi Lava International Limited dan petinggi Google yang diwakili oleh Mike Hayes selaku Director, Business Development, Android & Chrome Partnerships.

LavaPixelV1-media-01
Peluncuran Smartphone Lava Pixel V1 Android One | Foto: @Gizbot

Lava Pixel V1 hadir dengan layar HD IPS berukuran 5.5 inci (1280 × 720 piksel) yang dibalut dengan kaca Asahi Dragon-Trail, di sisi dapur pacunya, smartphone ini diotaki dengan prosesor octa-core besutan MediaTek yang dapat berlari hingga kecepata 1.3GHz, sedangkan untuk modul grafisnya didukung oleh Mali-400 MP2.

Dengan spesifikasi yang diusung perangkat Android One kali ini sepertinya kita tidak lagi memandang sebelah mata, terlebih dengan besaran RAM yang disematkan pada smartphone Lava Pixel V1 ini juga cukup besar yakni 2GB dan kapasitas memory internal yang juga cukup lega dengan ruang sebesar 32GB, selain terdapat pula slot micro SD card yang bisa dijejali dengan kartu memory micro SD berkapasitas maksimal hingga 32GB.

lava-pixel-v1-na-400x400-imae8zy2pbtrcqg5

Smartphone Lava Pixel V1 juga hadir dengan dukungan kamera 8 megapiksel namun dengan dukungan software yang ada, sensor kamera tersebut bisa digenjot hingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang setara dengan kemampuan kamera 13 megapiksel.

Untuk membantu menangkap objek dalam kondisi kurang cahaya terdapat pula lampu kilat LED yang diletakan pada bagian bawah lensa kamera belakang, sementara untuk kamera di bagian depan dijejali dengan sensor 5 megapiksel yang juga bisa digenjot hingga mampu menghasilkan kualitas gambar setara dengan hasil tangakapn kamera 8 megapiksel.

Untuk proses pengoperasian sehari-harinya, smartphone yang juga memiliki dua buah slot kartu SIM ini ditenagai dengan baterai dengan kapasitas 2.650 mAh. Salah satu yang menarik dari smartphoneAndroid One generasi kedua ini ialah kemampuannya dalam mendukung fitur USB On-The-Go (OTG), dengan fitur ini kita bisa menyematkan perangkat tamabahan melalui port USB yang ada, seperti mouse, keyboard atau flashdisk.

Info Menarik: Perkembangan Pasar Smartphone di Indonesia: Samsung Masih Memimpin, Android One ‘Loyo’

Hanya sedikit kekurangan yang dimiliki smartphone ini, kendatipun ini mungkin bersifat relatif, yakni tidak adanya fitur koneski 4G LTE karena dukungan koneksi internet yang dimilikinya masih terbatas pada jaringan 3G HSPA.

Namun dengan harga Rs 11.350 atau setara dengan US$ 175 untuk tiap unitnya, smartphone Lava Pixel V1 tetap menjadi smartphone Android yang cukup menggoda, apalagi smartphone yang berjalan dengan platfrom Android 5.1.1 Lollipop ini akan mendapatkan update dan dukungan aplikasi langsung dari Google selama dua tahun ke depan, termasuk update ke Android M yang kabarnya akan segera dirilis resmi oleh pihak Google.

Belum ada kabar, kapan smartphone ini akan dijual dipasar di luar India, namun untuk sementara ini smartphone Lava Pixel V1 ini baru tersedia secara ekslusif melalui jaringan toko online Flipkart yang kemudian akan tersedia di  gerai-gerai dan outlet smartphone yang tersebar di India.

lava-pixel-v1-4

Sumber: Gizbot dan NewZars.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…