22 December 2014

by Bambang Winarso

Layanan 4G LTE dari XL Hadir di 3 Kota: Medan, Yogyakarta, dan Bogor

Salah satu operator telekomunikasi tanah air, XL di bawah bendera PT XL Axiata Tbk, tanggal 19 Desember lalu meresmikan peluncuran layanan komersil jaringan 4G LTE di 3 kota besar sekaligus yakni Medan, Yogyakarta dan Bogor.

Peluncuran komersialisasi jaringan 4G LTE serentak di tiga kota hingga ke pulau sumatera ini disebutkan merupakan yang pertama di Indonesia, dan menunjukkan komitmen sekaligus kesungguhan XL dalam mendukung ketersediaan jaringan super cepat yang makin dibutuhkan oleh pengguna di era smartphone sekarang ini.

Hal ini ditegaskan oleh Ongki Kurniawan selaku Direktur Service Managament XL yang juga menghadiri acara peresmian yang dilakukan secara virtual melalui jaringan 4G LTE tersebut.

Dikutip dari rilis pers, “XL memenuhi janji kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk meluncurkan layanan XL 4G-LTE secara komersial dan terluas. Kami adalah operator pertama yang menggelar layanan 4G-LTE di tiga kota sekaligus, termasuk di Medan di Sumatera Utara yang cukup jauh dari Ibu Kota Jakarta."

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Grup BBM Android

 

Lebih lanjut Ongki membocorkan bahwa dalam waktu dekat ini XL juga akan menghadirkan jaringan 4G LTE ke kota Surabaya dan kota-kota di Indonesia lainnya, tak terkecuali Jakarta.

Yang tak kalah menarik, XL telah menyiapkan sejumlah persiapan demi mendukung adopsi jaringan 4G LTE di tanah air. Di antaranya dengan menggandeng LG dan Sony guna memudahkan akses konsumen ke smartphone 4G LTE, aplikasi dan layanan gratis seperti Guvera, pertandingan Liga Inggris, VIKI dan juga konten di Muslimku.

Ke depan XL memastikan menggandeng sejumlah vendor lain seperti Samsung, BlackBerry, Xiaomi, HTC, Asus, Lenovo dan banyak lagi lainnya agar konsumen dapat memiliki banyak pilihan perangkat. Bundling menarik juga masuk dalam rencana XL ke depan dengan harga mulai 3 jutaan.

Bagi Anda yang berada dalam jangkauan 4G LTE, XL mempunyai beberapa paket data 4G. Anda dapat langsung memperolehnya sejak dimulainya peluncuran layanan XL 4G-LTE.

 

Info Menarik: Rolling Glory Rilis Empat Mini Game Seri Botchi Terbaru

 

Ada beberapa pilihan paket data dengan bonus kuota 4G yang menarik untuk pelanggan XL, yaitu:

  • Paket Super HotRod 4GB Rp.99Ribu/bulan (kuota 4GB di jaringan 2G/3G ditambah bonus kuota GRATIS 4GB di jaringan 4G)
  • Paket Super HotRod 6GB Rp.149Ribu/bulan (kuota 6GB di jaringan 2G/3G ditambah bonus kuota GRATIS 6GB di jaringan 4G)
  • Paket Super HotRod 8GB Rp.199Ribu/bulan (kuota 8GB di jaringan 2G/3G ditambah bonus kuota GRATIS 8GB di jaringan 4G).

Untuk memastikan ketersediaan jaringan 4G di Indonesia, di tahun 2014 ini XL menginvestasikan dana yang cukup besar, sampai dengan Rp 7 triliun. Untuk tambahan informasi, di Jakarta sendiri XL telah melakukan uji coba untuk jaringan 4G-LTE, namun untuk yang komersil, sebagai awal perusahaan ini menghadirkan 4G-LTE di Medan, Yogyakarta, dan Bogor.

Hingga kini sedikitnya ada 49 ribu BTS (3G/2G) XL yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 30 ribu km fiber optik telah tertanam menghubungkan infrastruktur yang ada. Dengan kekuatan tersebut XL telah siap untuk memperluas jangkauan teknologi 4G LTE ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.