10 November 2015

by Yoga Wisesa

Layanan 4G LTE Komersial XL Resmi Tersedia di Bandung

Padal tanggal 2 November 2015, dimulailah periode komersial layanan internet 4G LTE XL di kota Bandung.

Bagi XL, akhir tahun 2015 tampaknya menjadi momen penting untuk meningkatkan manuver mereka dalam kompetisi 4G LTE. Kurang dari seminggu silam mereka umumkan uji coba fitur License Assisted Access pada tenologi LTE-Advanced demi menyalip kompetitor yang telah lebih dulu mengklaim titel advanced. Dan kali ini, XL mendaratkan 4G LTE di Bandung.

Tapi bukankah Bandung sudah mereka sambangi berbulan-bulan silam? Dari keterangan XL Axiata lewat press release, pada tanggal 2 November 2015, dimulailah periode komersial layanan internet super cepat di ibu kota Jawa Barat tersebut, ditandai melalui rampungnya proses penataan dan refarming frekuensi 1800MHz. Acara peresmian itu dilaksanakan di Trans Studio Bandung.

Bambang Parikesit selaku vice president bilang, XL tak cuma sekedar berupaya memperluas jangkauan area, namun juga menitikberatkan kualitas servis 'supaya benar-benar dapat memenuhi ekspektasi masyarakat'. Jika sempat membaca artikel reportase LTE-A LAA XL, Anda mungkin mengerti betapa esensialnya konten video bagi XL. Streaming video bisa berperan buat beragam keperluan, dari mulai edukasi, promosi, presentasi sampai hiburan.

Didorong oleh aspek ini, sejak awal XL sengaja mengambil kebijakan untuk membangun jaringan 4G LTE yang sanggup memenuhi kriteria 'Extreme HD 360° Video'. Karena mencakup sudut pandang sangat luas, ia menuntut sambungan internet prima, baik dari sisi kecepatan maupun kestabilan. Menurut XL, andai mampu mencapainya, maka mereka akan unggul dalam penyuguhan jenis layanan digital lain.

Pada periode awal masa komersial tersebut, XL telah menyiapkan sekitar 249 base transceiver station 4G; sudah bisa dinikmati masyarakat kota Bandung, Padalarang, Jatinangor dan Cimahi. Sang operator berjanji untuk terus menambah infrastruktur pendukung, termasuk melebarkan jaringan ke kota-kota Jawa Barat lain dalam waktu dekat. XL juga sempat menyinggung LAA, namun tentu kita harus menunggu ketersediaan BTS dan handset yang kompatibel.

XL turut menyelenggarakan program Tabungan Kuota 4G, memungkinkan kita 'menabung' kuota yang bisa dipakai sewaktu network 4G tersaji. Tertarik? Anda tinggal membeli paket Hotrod 4G, menawarkan bonus kuota langsung, dapat diakumulasi ke bulan berikutnya.

Konsumen di Bandung juga dipermudah berkat hadirnya paket bundling 4G XL dengan beragam pilihan tipe smartphone - entry-level hingga high-end - plus cicilan harga yang terjangkau.