1. Startup

Layanan Asisten Virtual Bang Joni Memanfaatkan Chatbot Telegram

Dalam versi beta hingga 12 Mei mendatang, sudah bisa melayani pembelian layanan transportasi, info restoran, informasi jalan tol, dan info cuaca

Layanan asisten pribadi virtual beberapa waktu sempat ramai dibicarakan karena mampu memberikan kemudahan pelayanan dengan hanya berkirim pesan singkat, baik untuk mengetahui info atau membeli barang seperti tiket dan lainnya. Kini, tidak mengandalkan layanan pesan singkat,  layanan asisten virtual Bang Joni hadir dalam bentuk chatbot Telegram.

Chatbot menjadi suatu tren baru di masa sekarang dan Telegram adalah platform messaging yang paling awal mendorong pengembang memanfaatkan API miliknya untuk membuat bot sesuai kebutuhan. Akun Bang Joni sendiri adalah @bangjonibot.

Menurut situsnya, Bang Joni bisa digunakan untuk memesan tiket untuk transportasi seperti pesawat, kereta api, travel, dan Uber. Bot ini juga bisa ditanyai soal info restoran, info lalu lintas jalan tol, dan info cuaca. Secara tidak langsung, Bang Joni menjadi pesaing baru YesBoss setelah Diana menghentikan layanan.

Bang Joni menjadi layanan asisten virtual terbaru yang berbasis chatbot Telegram

Saya mencoba menanyakan informasi restoran yang direkomendasikan menggunakan Bang Joni. Meskipun saya telah membagikan informasi lokasi tempat saya berada, ternyata tiga restoran yang direkomendasikan tidak benar-benar dekat, mungkin masih dalam radius 10 km. Selain nama restoran, Bang Joni menginfokan alamat dan menu yang diambil dari basisdata Zomato.

Bang Joni disebutkan telah bekerja sama dengan Uber, Tiket, Xtrans, Zomato dalam pelayanannya. Untuk pembayaran pemesanan, Bang Joni akan mengirimkan informasi rekening supaya pengguna bisa membayar tagihannya.

Sementara ini kami belum memperoleh informasi lebih lanjut soal Bang Joni. Menurut akun Instagram resminya, dijelaskan bahwa saat ini Bang Joni masih dalam tahap beta hingga 12 Mei mendatang.

- Amir Karimuddin berkontribusi untuk penulisan artikel ini

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again