Layanan BBM Shopping dan BBM Travel Segera Hadir di BlackBerry Messenger

Layanan BBM Shopping dan BBM Travel Segera Hadir di BlackBerry Messenger

Rencananya, kedua layanan ini akan meluncur pada minggu kedua Desember 2016 dan mengintegrasikan startup portofolio EMTEK ke dalam layanan
BlackBerry akan hadirkan layanan BBM Shopping dan BBM Travel di bulan Desember 2016 nanti / Pixabay
BlackBerry akan hadirkan layanan BBM Shopping dan BBM Travel di bulan Desember 2016 nanti / Pixabay

Sejak menjalin kerja sama strategis dengan EMTEK (KMK Online), aplikasi percakapan BlackBerry Messenger (BBM) terus berbenah dengan menambah berbagai jenis fitur dan layanan agar dapat berfungsi sebagai all-in-oneplatform yang lengkap. Paling baru, BBM berencana untuk menambah dua layanan lagi, yaitu BBM Shopping dan BBM Travel. Kedua layanan tersebut rencananya akan diluncurkan pada minggu kedua Desember 2016 dan mengintegrasikan startup portofolio EMTEK ke dalamnya.

BlackBerry memang sudah kalah telak dalam hal persaingan di ranah smartphone dengan para vendor smartphone lainnya yang beredar di Indonesia. Namun, aplikasi percakapan mereka masih mendapatkan tempat di hati para penggunanya dan tidak kalah saing dari aplikasi sejenis seperti WhatsApp, ataupun LINE.

Berdasarkan data survei JakPat, BBM masih menjadi aplikasi pesan instan terlaris di Indonesia dengan persentase mencapai 80,31 persen. Setelah BBM, di urutan berikutnya ada WhatsApp, LINE, FB Messenger, dan Telegram. Menariknya, di riset yang sama juga mengungkapkan penggunaan BBM merata berada di persentase puncak di setiap kategori penggunaan, baik untuk berhubungan sesama teman, di lingkungan pekerjaan dan juga keluarga.

Untuk tetap bisa kompetitif di pasar Indonesia, pembenahan pun mulai dilakukan dan ditandai dengan terjalinnya kerja sama dengan EMTEK melalui KMK Online. Dampaknya mulai terlihat dengan banyaknya fitur baru dan layanan yang disematkan di platform BBM.

Beberapa di antaranya adalah BBM Discoverypembelian voucher, dan kanal game yang diperkuat lewat kerja sama strategis dengan Neowiz Games. Ini dilakukan agar BBM berfungsi sebagai all-in-oneplatform yang lengkap, tetapi tetap menjaga identitasnya sebagai aplikasi pesan.

Rencana untuk menjadi all-in-oneplatform pun nantinya akan dilengkapi dengan kehadiran layanan BBM Shopping dan BBM Travel yang dijadwalkan untuk meluncur di minggu kedua Desember 2016.

VP of Product Development KMK Online Hadikusuma Wahab (Dhiku) mengatakan, “BBM Shopping dan BBM Travel [rencananya] akan diluncurkan pada Desember nanti, minggu kedua. […] BBM Shopping merupakan layanan yang terintegrasi dengan Bukalapak dan BBM API, sehingga memudahkan pengguna untuk belanja tanpa harus login berulang kali. […] Maksudnya, cukup login sekali dengan account Bukalapak, setelah itu BBM akan connect dengan account Bukalapak – nya. Jadi, ke depannya tidak perlu login lagi.”

“Untuk BBM Travel, kami bekerja sama dengan Reservasi yang merupakan layanan travel baru dari EMTEK. Saat ini traction-nya [sendiri] cukup baik secara organik karena kita belum melakukan launch atau promo yang besar,” lanjutnya.

Meski di tahap awal layanan yang terintegrasi dengan BBM Shopping dan BBM Travel masih terbatas, tetapi ke depannya semua startup dalam portofolio EMTEK akan diupayakan untuk dapat terintegrasi dengan BBM. Dhiku pun membenarkan kabar ini.

“Betul [startup portofolio EMTEK akan terintegasi dengan BBM]. Saat ini BBM sedang berada dalam journey menuju open platform [dan] kami akan membuka kerja sama dengan partner lain untuk menyediakan layanan yang berguna untuk pengguna BBM,” ujarnya.

Dhiku menambahkan, “Kami juga akan membentuk tim untuk lebih aktif mencari dan bekerja sama dengan partner atau startup yang ada di Indonesia. Salah satu layanan, BBM News, juga akan membuka partnership dengan publisher lain sebagai bagian dari keterbukaan kami.”

EMTEK sendiri terbilang cukup aktif dalam berinvestasi di ranah teknologi. Beberapa startup atau perusahaan yang ada dalam portofolio EMTEK adalah Bukalapak, Bobobobo, Kudo, iflix, Oto.com, Karir, Seekmi, dan HijUp.

Di samping fokus untuk menjadi open platform BBM juga akan tetap menjaga identitasnya sebagai sebuah aplikasi pesan. Dhiku sendiri menjanjikan bahwa ke depannya akan ada perbaikan dari sisi UI/UI dan juga tidak menutup kemungkinan untuk menambahkan integrasi chat bot untuk pengalaman yang lebih baik.

“Kami akan melakukan peningkatan untuk membuat pengalaman chat yang lebih baik dari sisi UI/UX. Lalu kami juga akan fokus ke open platform melalui kerja sama dengan partner lokal dengan menambah layanan-layanan baru di BBM dan juga menyediakan Chat API yang memungkinkan interaksi yang lebih baik. Misalnya dengan chat bot atau chat langsung yang ada di BBM,” tandas Dhiku.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…