13 March 2019

by Bambang Winarso

Layanan Berbagi File, Firefox Send Sudah Bisa Diakses oleh Publik

Pengguna publik tanpa akun bisa membagikan berkas hingga 1GB

Program Firefox Test Pilot memang sudah dihentikan karena suatu alasan, tetapi Mozill harus bersyukur karena dari program itulah lahir fitur baru yang melengkapi etalase produk mereka. Adalah Firefox Send yang menjadi keluarga baru Mozilla, menawarkan layanan yang sedikit berbeda dari produk yang selama ini mereka geluti selama bertahun-tahun.

Memulai debutnya pada tahun 2017, Firefox Send adalah layanan pengiriman berkas di mana siapa saja dapat mengunggah dan mengenkripsi file berukuran besar untuk dibagikan ke rekan kerja, teman atau keluarga. Selain menerapakan prosedur keamanan enkripsi yang terjamin, Firefox Send juga memberlakukan tenggat waktu untuk setiap berkas yang dikirimkan.

Tautan akan secara otomatis mati atau kadaluarsa setelah melewati 24 jam sejak pertama kali diunggah. Alternatif lainnya, pengguna juga bisa mengatur jumlah unduhan maksimal yang jika tercapai maka tautan juga akan otomatis mati. Masih belum cukup aman? Masih ada opsi lain, yaitu penambahan kata sandi yang harus diinput oleh pengunduh sebelum dapat memulai proses unduhan.

Opsi-opsi di atas bertindak sebagai penegasan dari Mozilla, bahwa mereka mengedepankan privasi pengguna sebagai unsur penting dalam pedoman aktivitas digital. Mozilla tentu sadar betul yang akan menggunakan layanan mereka datang dari latar belakang yang aware akan kebijakan privasi. Perlindungan yang optimal akan memberikan rasa nyaman bagi mereka yang ingin mengirimkan dokumen penting ke klien atau rekan kerja.

Firefox Send mempunyai interface yang sangat sederhana, mudah dipahami dan dipergunakan. Yang terpenting, ia juga gratis. Pengguna tanpa akun boleh menggunggah berkas hingga 1GB, sedangkan yang mempunyai akun bisa sampai 2,5GB. Batasan yang hampir mirip juga diberlakukan untuk penerima berkas. Jika tanpa akun, mereka dapat mengunduh hingga 1GB berkas.

Bagi Anda yang ingin mencoba layanan baru Firefox ini, bisa ke situs resminya di sini.

Sumber berita Mozilla.