13 March 2015

by Yoga Wisesa

Layanan Bolt Akhirnya Jamah Sumatra, Kini Tersedia di Kota Medan

Pada acara peringatan satu juta pelanggan Bolt yang dilaksanakan Februari lalu, seorang jurnalis bertanya kapan Bolt tersedia di kota asalnya, Bandung. Tapi jika melihat gerak-gerik mereka belakangan, Bolt sebenarnya sudah menetapkan satu kota sasaran untuk memperluas layanan mereka. Dan wilayah itu tidak berada di pulau Jawa atau berdekatan dengan Jakarta.

Setelah uji coba TDD-LTE 2300MHz beberapa minggu silam, sebagai pemegang lisensi broadband wireless di zona satu (Sumatra bagian utara), pada tanggal 11 Maret 2015 PT First Media resmi membawa dan meluncurkan Bolt Super 4G LTE di kota Medan. TDD sendiri merupakan kependekan dari time-division duplex yang memungkinkan kecepatan akses internet melaju hingga 72 megabit per detik.

Dijelaskan oleh Wakil Presiden Direktur First Media Irwan Djaja, faktor pendorong mereka untuk menghadirkan 4G LTE lagi-lagi terkait naiknya permintaan akses internet cepat. Mereka percaya, layanan Bolt dapat berfungsi sebagai infrastruktur yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. "Dan membawa Indonesia selangkah lebih jauh hingga bisa bersaing dengan negara-negara maju," kata Irwan di press release.

Info menarik: Capai 1 Juta Pengguna, Bolt Ingin Perluas Varian Perangkat 4G

Dengan begitu, Medan adalah kota pertama di pulau Sumatra yang diperkenankan menjajal akses internet melalui Bolt. Dan dari perspektif mereka, Kota Melayu Deli ialah pasar mobile broadband berpotensi tinggi. Berdasarkan data Nielsen di triwulan ke empat 2014, ada sekitar 719.000 pengguna internet aktif di sana. Dan mereka memprediksi, Bolt mampu menjaring kurang lebih 1,5 juta pelanggan baru di tahap pertama pemasaran.

Namun sudah pasti angka tersebut hanyalah target jangka pendek, First Media berambisi untuk menjangkau lima juta jiwa penduduk kota Medan dan sekitarnya. Mereka yakin layanan bisa jadi sesukses di Jabodetabek. Chief Commercial Officer Larry Ridwan berjanji bahwa Bolt tetap akan mempertahankan konsep value for money terlepas dari banyaknya opsi perangkat 4G.

Tak berbeda dari sebelumnya, Bolt masih dikhususkan untuk kegiatan browsing super-cepat, video streaming dan video call. Fair usage policy per bulan masih berlaku, sehingga Anda harus mengelola unduhan secara cermat. “Kami senang menerima sambutan yang sangat positif dari masyarakat Medan dimana dalam awal peluncuran layanan, Bolt mencapai lebih dari 10.000 pelanggan 4G," tambah Larry.

Bolt tersedia dalam layanan internet pra-bayar dengan paket internet seharga mulai dari Rp 25.000 serta paska-bayar Premium. Terdapat pula pilihan broadband wireless internet via modem USB, Mobile Wi-Fi, home router, dan Bolt 4G Powerphone - ZTE V9820 serta Ivo V5.