23 October 2012

by Andi Miftachul

Layanan Cloud Amazon Down, Situs-Situs Besar Bertumbangan

Sejumlah situs besar seperti Reddit, Foursquare dan Pinterest mengalami gangguan pada Senin sekitar pukul 11.00 waktu Pasific Standard Time (PST) atau Selasa dini hari, pukul 1.00 WIB. Gangguan ini terjadi karena adanya penurunan performa pada pusat data Amazon yang berada di Virginia, Amerika Serikat.

Gangguan terjadi selama hampir tiga jam kemudian. Sebagian besar kesalahan yang terjadi pada pusat data tersebut, dilaporkan telah diperbaiki oleh Amazon. Tetapi untuk layanan Elastic Compute Cloud, layanan basis data, dan Elastic Beanstock, layanan yang membantu pengembang merilis software baru secara cepat, dilaporkan masih bermasalah.

Selain Reddit, Foursquare dan Pinterest, gangguan juga terjadi pada situs-situs seperti Instagram, Flipboard, AirBnB, Imgur dan GetGlue. Amazon tidak menyebutkan penyebab gangguan ini. Gangguan ini merupakan yang kelima kalinya dalam jangka waktu satu setengah tahun. Pada bulan Maret yang lalu, situs-situs seperti Netflix, Instagram, dan Pinterest juga mengalami gangguan, setelah pusat data Amazon mengalami gangguan daya karena dihantam badai. Sumber daya cadangan melalui generator gagal untuk beroperasi.

Seperti diketahui, selain sebagai situs e-commerce, Amazon juga mempunyai layanan Amazon Web Service yang memberikan layanan cloud. Layanan ini disukai oleh startup, karena pada dasarnya menangani hampir semua urusan infrastruktur. Startup hanya perlu fokus pada pengembangan layanan dan aplikasi sedangkan semua urusan infrastruktur seperti pusat data dilayani oleh ahlinya dalam layanan Amazon Web Service ini.

Sumber : Wired. Sumber gambar : IBTimes.