Setelah meresmikan kemitraan dengan empat layanan e-commerce Indonesia pertengahan 2016 lalu, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) kembali menambah kemitraan dengan PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) melalui layanan e-commerce AXIQoe.com.

Perjanjian yang sebelumnya telah diresmikan pada bulan September 2016 lalu memberikan kesempatan kepada AXIQoe untuk menyediakan kebutuhan pengadaaan barang di K/L/D/I (Kementerian, Lembaga, Satuan kerja Perangkat Daerah, Institusi) berupa e-Katalog. Hal ini senada dengan komitmen dari LKPP untuk mewujudkan integritas, transparansi, dan daya saing melalui layanan e-commerce.

“Kerja sama dengan e-commerce secara Business to Goverment (B2G) dalam sistem e-Katalog  mempercepat katalogisasi produk atau jasa yang akan dibeli oleh pemerintah,“ kata Kepala LKPP Agus Prabowo.

Melalui e-Katalog, pemerintah dapat memangkas waktu dan biaya belanja, karena pembelian dilakukan secara langsung dan harga yang tercantum adalah harga yang terbaik dan sudah diverifikasi. “Meskipun terdapat selisih harga untuk beberapa produk yang sejenis, pemerintah tidak lagi diharuskan untuk memilih yang termurah selama produk tersebut telah tersedia di e-Katalog.” Tegasnya.

Transparasi harga dan membuka persaingan yang positif

E-Katalog diharapkan akan menjadi instrumen baru dalam menciptakan keterbukaan dan persaingan bisnis yang sehat, yaitu dengan memberikan informasi harga yang menjadi lebih terbuka.

“Kami sangat mengapresiasi AXIQoe yang tergabung ke dalam e-Katalog LKPP. Ini merupakan peluang positif bagi penyedia untuk berpartisipasi dan terlibat dalam mendukung pembangunan, apalagi porsi belanja pengadaan pemerintah saat ini berkisar 40 persen dari APBN,” kata Agus.

E-Katalog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-Katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Produk yang ditawarkan AXIQoe saat ini meliputi komputer, aksesori komputer, perlengkapan kantor, dan alat-alat komunikasi. Sebagai salah satu penyedia layanan e-commerce yang menyasar pasar B2B, AXIQoe resmi menjadi penyedia online shop kebutuhan barang pemerintah e-Katalog LKPP.

“Kami bangga bisa menjadi bagian dari program pemerintah dengan menjadi salah satu penyedia online shop dan secara aktif terus melakukan sosialisasi pengadaan barang pemerintah melalui E-Katalog LKPP dimana transparansi, integritas, kecepatan dan efisiensi merupakan hal yang utama di era digital ini,” kata Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Sahat Sihombing.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.