Bisnis e-commerce masih terus dieksplorasi potensinya, salah satunya dengan menghadirkan layanan penjualan produk yang spesifik, seperti yang coba dihadirkan oleh KlikTeknik. KlikTeknik adalah layanan e-commerce yang menyediakan produk alat teknik dan industri. Portal ini ditargetkan kepada individu (B2C) maupun korporasi (B2B) dalam menemukan produk alat teknik dan perkakas di berbagai tipe industri dan bisnis, disediakan oleh supplier terpercaya.

“KlikTeknik menyediakan berbagai kebutuhan mesin, perkakas, hingga alat berat, khususnya untuk industri pertanian, perkayuan, bengkel, konstruksi, dan kebutuhan rumah,” ujar Founder & CEO KlikTeknik Steven Bernardi Koentono.

Dalam sistem penjualannya, KlikTeknik memiliki dua mekanisme. Pertama ialah menjual barang langsung dari gudang yang dimiliki — saat ini KlikTeknik juga masih mengoperasikan toko fisik karena peranannya dianggap masih penting dalam dunia belanja alat teknik dan industri. Sedangkan yang kedua KlikTeknik menghubungkan pelanggan dengan barang yang disediakan dan dikirim langsung oleh supplier/importir/agen yang telah bermitra.

Suksesi dari proses bisnis penjualan secara tradisional

KlikTeknik didirikan pada tahun 2015 oleh Steven Koentono. Perjalanan awalnya dimulai dari melanjutkan bisnis orang tua yang bergerak di bidang alat teknik dan industri di Jawa Tengah (toko offline). Sebelum memutuskan untuk membuat kanal online, Steven mengadakan survei ke konsumen, temuannya banyak konsumen di daerah (lain) kesulitan untuk menemukan sparepart yang mereka butuhkan dikarenakan keterbatasan stok di daerah mereka dan harga yang tidak transparan.

Sebelum benar-benar terjun mengelola situsnya sendiri, Steven mencoba berjualan sparepart di Tokopedia. Dan setelah stu bulan, ternyata respons pelanggan baik dan ia semakin mengerti bahwa memang terdapat masalah dan keterbatasan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan sparepart yang spesifik di toko fisik.

“Saya mengembangkan KlikTeknik dengan tujuan untuk memberikan akses bagi konsumen untuk menemukan berbagai produk alat teknik dan industri dari berbagai agen/importir/principal dan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja dengan praktis melalui online,” imbuh Steven.

Salah satu laman situs e-commerce KlikTeknik
Salah satu laman situs e-commerce KlikTeknik

Saat ini per bulannya layanan pelanggan KlikTeknik telah menangani lebih dari 70,000 pelanggan dari kalangan bisnis maupun individu, dengan rata-rata jumlah transaksi sebanyak 500 transaksi. KlikTeknik.com juga telah dipercaya oleh PT KUBOTA Indonesia untuk menjadi sole distributor untuk pemasaran produk KUBOTA melalui online.

“Ke depan kami berencana untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk memudahkan konsumen dalam mengakses KlikTeknik.com dan berbelanja. Kami juga berencana untuk bekerja sama dengan payment provider, bank, ritel, dan agensi pemerintah seperti koperasi untuk memberikan layanan pembayaran yang praktis dan terpercaya yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen,” pungkas Steven.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.