Categories

Interview

Layanan E-Commerce “Niche” GoFruit.id Jamin Kesegaran Buah dengan “Same Day Delivery”

Baru melayani pengiriman untuk area DKI Jakarta dan Kota Tangerang

Marsya Nabila - 18 July 2018

Tingginya kesadaran untuk gaya hidup sehat kini mulai dilakoni sebagian orang, terutama di kalangan menengah hingga atas. Pasar niche tersebut akhirnya jadi potensi bisnis untuk diseriusi GoFruit.id sejak enam bulan belakangan.

GoFruit.id hadir mengembangkan bisnis di pasar buah segar, baik impor maupun lokal. Total SKU yang dimiliki sekitar 150 jenis buah, 42 jenis buah kering, dan 14 jenis makanan kering seperti granola, susu almond, dan yogurt.

Dalam menjalankan bisnisnya, GoFruit.id didukung sebuah layanan importir buah terkemuka (yang tidak bisa diungkapkan namanya). Ketika datang, buah langsung disimpan dalam gudang (yang kini berlokasi di Tangerang) dengan perlakuan khusus sesuai karakteristiknya.

Sebut saja buah dari berbagai negara, seperti Anggur Red Globe, Apel Envy USA, Apel Fuji Blush China, Apel Golden Jepang, Delima India, Lengkek Bangkok, dan masih banyak lagi tersedia di GoFruid.id. Meski didominasi buah impor, GoFruit.id juga mengedepankan petani lokal namun tetap terkurasi demi menjaga kepuasan pembeli, salah satunya menjalin kemitraan dengan Sunpride.

“Lewat GoFruit.id kami ingin permudah orang untuk mulai hidup sehat dengan makan buah. Buah impor segar didatangkan langsung dari penyuplai importir kami. Tak hanya itu, kami juga bekerja sama dengan petani lokal meski terkurasi karena kualitas buah ingin kami jaga demi kepuasan pembeli,” ucap CMO GoFruit.id Yanuar Kurniawan Putra kepada DailySocial.

Dia melanjutkan, ada lima kurir yang dikhususkan GoFruit.id untuk mengirim pesanan ke pembeli. Untuk sementara jangkauan pengirimannya terbatas, hanya di Kota Tangerang dan DKI Jakarta karena ada risiko buah rusak apabila lokasi pengiriman terlalu jauh.

Pembeli dapat membeli buah per pak, karton, atau parcel yang dapat dikostumisasi sesuai keinginan. Yanuar menjamin pengiriman akan dilakukan dalam hari yang sama, waktu maksimal pemesanan adalah jam 3 sore.

“Bila order jam 3 sore, pasti akan kami kirim saat itu juga sebab kesegaran buah itu yang terpenting. Ada promosi khusus bila jumlah pengiriman di atas Rp150 ribu.”

Untuk menjangkau para pembelinya, GoFruit.id menyediakan tiga jenis kanal distribusi yang bisa dipilih, baik menghubungi langsung via WhatsApp, layanan marketplace, dan situs GoFruit.id itu sendiri. Beberapa online marketplace yang dijajaki GoFruit.id adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia.

Menariknya, sambung Yanuar, pembelinya saat ini mayoritas datang dari kanal WhatsApp. Kanal WhatsApp mendominasi dengan kontribusi sekitar 45% dari total transaksi harian, disusul kanal marketplace (35%), dan sisanya melalui situs GoFruit.id.

Tantangan bisnis dan rencana ke depan

Yanuar menuturkan bisnis buah segar ternyata tidak semudah yang dikira. Masing-masing buah memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perlakuannya tidak bisa disamaratakan. Saat memotong buahnya pun ada cara khusus, demikian juga saat buah dikirim yang ternyata ada yang tidak bisa di taruh berdempetan satu sama lainnya.

Ketika buah sampai di tangan konsumen pun, ada buah yang tidak bisa langsung dicuci lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Malah ada juga yang tidak boleh masuk ke dalam kulkas sama sekali.

Edukasi seperti ini yang terus digalakkan GoFruit.id kepada seluruh pembelinya. Pihaknya mencantumkan informasi dalam setiap produk seperti bagaimana tingkat kerenyahannya, rasa, dan aroma. Apa manfaat mengonsumsi buah tersebut, petunjuk penyimpanannya, hingga darimana buah tersebut berasal.

“Informasi seperti ini yang perlu kita sampaikan kepara pengguna. Agar mereka bisa lebih maksimal menikmati buah dari kami. Ada buah yang harus cepat dimakan, ada yang tahan di dalam kulkas, dan sebagainya, sebab buah itu benda hidup yang mudah busuk bila penanganannya salah.”

Tak hanya dari segi pengemasan, perusahaan juga menghadapi masalah logistik. Saat ini pihaknya sedang dalam meriset kota apa yang sesuai dengan target pasar GoFruit.id. Nantinya perusahaan akan menganut konsep hub untuk mempersingkat durasi pengiriman.

Saat ini GoFruit.id telah dinikmati sekitar 2 ribu pembeli. Adapun pengguna terdaftarnya mencapai 200 orang. Pada tahap awal, setiap harinya GoFruit.id melayani sekitar 20-25 pemesanan.

Ke depannya GoFruit.id akan memperbarui tampilan situs agar lebih responsif menerima pesanan. Perusahaan juga berencana meluncurkan aplikasi untuk mendorong transisi konsumen dari kanal WhatsApp ke kanal situs.

Tak sampai disitu, Yanuar menuturkan pihaknya sedang dalam proses integrasi dengan Go-Jek sehingga pengiriman beberapa produk buah yang tidak membutuhkan banyak perlakuan khusus menggunakan layanan ride hailing tersebut.

GoFruit.id juga berencana meningkatkan coverage di marketplace dan membantu para pedagang buah eceran untuk meningkatkan kualitas barang yang dijajakannya.

“Akan perbanyak juga jumlah mitra marketplace agar kami bisa dijangkau tak hanya oleh segmen ekonomi A dan B saja, tapi juga ke bawahnya,” pungkas Yanuar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id