Banyak orang menggunakan email tidak hanya sebatas untuk mengirimkan sapaan berupa teks. Mayoritas dari mereka juga mengirimkan berkas entah itu dokumen, video, aplikasi ataupun foto melalui lampiran. Di layanan Gmail hal semacam itu memungkinkan untuk dilakukan, hanya saja dengan batasan maksimal 25MB untuk mengirim dan menerima, apapun berkasnya.

Tapi Google sepertinya ingin batasan itu perlahan dihilangkan. Dalam pembaruan yang diumumkan melalui blog Gsuiteupdate, mulai hari ini sampai beberapa hari ke depan pengguna Gmail bakal bisa menerima lampiran berkas sampai dengan 50MB. Tapi supaya tidak salah paham, perlu dicatat bahwa penambahan kuota ini hanya berlaku untuk menerima email, bukan mengirim. Kebijakan baru ini berlaku untuk total ukuran berkas, bukan per berkas. Jadi pengguna tidak bisa mengirimkan dua berkas masing-masing 50MB.

Sebagai solusinya, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan integrasi Gmail dan Google Drive jika punya keperluan mendadak misalnya mengirimkan video berukuran lebih dari 50MB. Selama kapasitas Google Drive penerima mencukupi, Google bahkan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengirimkan berkas hingga 5TB sekali kirim.

Pembaruan ini diharapkan bakal mulai ditemui oleh pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Sumber berita Gsuiteupdate dan gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.