1. Lifestyle

Layanan GOG.com Kini Dapat Diakses Pengguna Linux

Hanya ada sedikit layanan distribusi app dan game digital yang dapat keluar dari bayang-bayang Steam. Untuk bisa bertahan, platform Uplay dari Ubisoft memiliki fitur integrasi dengan Steam. Sedangkan EA berusaha mati-matian menjaga game Origin mereka tetap eksklusif, dengan tidak merilis judul-judul tersebut di Steam.

Walaupun tidak sebesar nama-nama itu, pendekatan yang Good Old Games ambil membuat layanan buatan developer CD Projekt Red berada di atas angin. Mereka tidak menjual permainan baru, sebaliknya, GOG.com menawarkan berbagai judul game klasik - dan beberapa judul baru buatan CD Projekt Red sendiri - yang kompatibel dengan sistem operasi modern, ditambah penyajian tanpa DRM.

Pada bulan maret lalu, sebuah berita gembira disampaikan tim Good Old Games. Mereka menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan layanan adalah dengan mendukung platform Linux. Saat itu mereka belum berani mengumumkan game-game apa saja yang akan tersedia di Linux, GOG.com hanya menjelaskan mereka telah mengerjakan proyek tersebut selama beberapa bulan.

 

Info menarik: GOG Akan Segera Hadirkan Permainan Klasik PC di Linux

 

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, tim Good Old Games mengumumkan bahwa layanan mereka sudah bisa diakses pengguna Linux. Terdapat lebih dari 50 judul permainan, klasik maupun permainan baru, semuanya siap dinikmati. GOG.com juga telah menyiapkan segala hal penting seperti infrastruktur, dan tim teknisi terlatih yang siap sedia membantu jika ada masalah.

"Tidak ada alasan untuk menunggu hingga bulan Oktober atau November," ungkap mereka. "Kami masih berupaya untuk merilis setidaknya 100 game di Linux dalam beberapa bulan ke depan, tapi kami memutuskan untuk tidak menunda peluncurannya hanya karena ingin jumlah permainan terlihat banyak untuk dipamerkan kepada pers. Layanan yang kami berikan bukan untuk mereka, tapi untuk Anda."

50 permainan lebih yang dihadirkan GOG.com di platform itu adalah hasil wishlist yang diisi sendiri oleh komunitas. Di antara game-game tersebut, banyak sekali yang hadir pertama kali di Linux, sedikit contohnya ialah Fallout 2, Sword of the Samurai, Darklands, Dragonsphere, FlatOut, Realms of the Haunting, hingga Normality. Ada satu permainan yang malah dirombak dari awal agar berjalan di Linux, ia adalah Unrest: Special Edition.

 

Info menarik: Ketertarikan Konsumen Pada Nintendo Wii U Meningkat Drastis Setelah Ajang E3 2014

 

Tim Good Old Games berjanji bahwa dalam waktu ke depan, game premiere yang mereka rilis di GOG.com akan tersedia langsung secara bersamaan untuk Windows PC maupun Linux - baik varian native atau build khusus seperti Ubuntu dan Mint.

Bukan itu saja, CD Projekt Red menawarkan promo spesial peluncuran GOG di Linux dengan menyajikan potongan harga sebesar 75 persen khusus judul-judul yang sudah ditentukan. Permainan yang tadinya ditawarkan dengan harga rendah, kini menjadi jauh lebih murah. Segera kunjungi GOG.com sebelum penawaran ini berakhir pada hari Selasa tanggal 28 Juli minggu depan.

Sebagai berita terbaru, Good Old Games baru saja merilis Gods Will Be Watching - sebuah permainan indie ber-genre petualangan point-and-click dengan tema thriller fiksi ilmiah yang menyajikan puzzle menantang dan dilema moral seorang pemimpin. Tanpa batasan baik dan buruk, tiap pilihan yang Anda ambil akan menentukan bukan hanya nasib kru, tapi juga dunia yang Anda tinggali.

Sumber: GOG.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again