Categories

Berita

Layanan Grocery Online KeSupermarket Mulai Beroperasi

Kolaborasi Supra Boga Lestari dan Kresna Graha Investama, juga tetap berjualan online melalui HappyFresh

Amir Karimuddin - 28 October 2016

Setelah sekian lama menggandeng HappyFresh sebagai mitra penjualan secara online, kubu Ranch Market dan Farmers Market (Supra Boga Lestari) meluncurkan layanan grocery online sendiri bernama KeSupermarket dengan menggandeng Kresna Graha Investama sebagai mitra. Untuk urusan logistik, KeSupermarket bekerja sama dengan Deliveree. Meskipun mengembangkan kanal penjualan online sendiri, sejauh ini mereka masih tersedia di daftar toko partner HappyFresh.

Pembangunan KeSupermarket diinisiasi 4 Mei yang lalu dan memang ditargetkan untuk beroperasi kuartal ketiga tahun ini. Selain Kresna, yang saat ini memang getol bermain di ranah teknologi, KeSupermarket menggandeng Deliveree sebagai mitra logistik dan Bank Mandiri sebagai mitra pembayaran.

Martin Setiadarma, GM E-commerce Supra Kreatif Mandiri, perusahaan patungan pengelola KeSupermarket, dalam rilis pers peluncuran KeSupermarket mengatakan, “Kami memastikan bahwa konsumen kami tidak perlu menunggu lama barang belanjaannya sampai di depan pintu rumah mereka. Kami menawarkan dua pilihan jasa layanan antar: “Express” untuk layanan antar maksimal satu jam dan “Regular” untuk layanan antar maksimal satu hari. Kami berupaya agar para online shopper kami dapat merasakan pengalaman berbelanja yang sama bahkan lebih baik dibandingkan dengan berbelanja secara offline."

"Kami memahami bahwa online shopper sekarang ingin dapat langsung menikmati barang belanjaan mereka secara langsung; hal ini seringkali menjadi suatu tantangan. Kami ingin memperkecil gap antara belanja offline, di mana konsumen dapat langsung menikmati produk setelah selesai berbelanja. [Sebelumnya] dengan belanja online konsumen tidak dapat langsung menikmati produk belanjaannya karena harus menunggu produk tersebut diantar setelah melakukan pembayaran lewat transfer bank atau elektronik," lanjut Martin.

Secara umum, cara kerja KeSupermarket serupa dengan HappyFresh, meskipun pendekatannya berbeda. HappyFresh dari awal fokus di sektor mobile, sedangkan KeSupermarket belum mengeluarkan aplikasi mobile. Pembayaran KeSupermarket pun lebih luas dengan mengakomodasi payment on delivery (gesek langsung di tempat untuk kartu debit dan kartu kredit), Mandiri e-Cash, dan transfer bank.

Sejauh ini ada 5 pasar swalayan Ranch Market dan Farmers Market yang melayani pembelian menggunakan KeSupermarket, yang terletak di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

Kami belum mendapatkan komentar dari pihak HappyFresh terkait hal ini, meskipun demikian belum ada perubahan terhadap operasional penjualan HappyFresh. Mereka masih mencantumkan gerai-gerai Ranch Market dan Farmers Market terdekat dari lokasi konsumen.

Pertanyaan sekarang adalah soal eksekusi. Mana di antara HappyFresh dan KeSupermarket yang memberikan pengalaman berbelanja grocery online yang lebih menyenangkan. Keuntungan HappyFresh adalah layanan tersebut bisa bekerja sama dengan berbagai jaringan swalayan, sementara KeSupermarket hanya memuat gerai Ranch Market dan Farmers Market. Saat ini HappyFresh juga telah bekerja sama dengan Lotte Mart dan Grand Lucky.

Sektor grocery online memang berkembang pesat setahun terakhir sejak hadirnya HappyFresh. Layanan grocery online terdedikasi yang awalnya ingin "menggusur" pasar swalayan malah gulung tikar, diganti dengan model layanan grocery online yang bermitra dengan pasar swalayan yang sudah ada. Selain HappyFresh, Honestbee yang berasal dari Singapura juga telah beroperasi di Jakarta dengan Carrefour sebagai mitra unggulan. Pemain lain di sektor ini adalah Go-Mart dari Go-Jek yang memanfaatkan kekuatan armada Go-Jek.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter