Categories

Berita

Layanan Jual Beli Mobil Online Carmudi Resmi Meluncur Di Indonesia

Adjie Priambada - 19 November 2014

Setelah membuka awal tahun 2014 dengan ekspansi di pasar Indonesia dan Filipina, layanan jual beli mobil online Carmudi akhirnya resmi diluncurkan dan memulai debutnya di Indonesia pada tanggal 18 November kemarin. Layanan yang didukung oleh Rocket Internet ini mencoba menjawab kebutuhan kendaraan di dalam negeri dan telah memiliki lima kantor operasional di Indonesia.

Upaya yang dilakukan oleh Carmudi dalam ekspansi pasarnya di Indonesia cukup bermacam-macam. Seperti kebanyakan startup, Carmudi juga sudah meluncurkan aplikasi Android untuk memperluas ketersediaan di berbagai segmen pengguna. Selain itu Carmudi juga telah melakukan optimasi situsnya untuk pengaksesan dari berbagai macam perangkat bergerak. Sehingga konsumen Carmudi yang terletak di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin kini bisa mengakses informasi penjualan mobil, motor, ataupun kendaraan komersial di genggaman lebih mudah.

Mengutip perkataan Managing Director Carmudi Indonesia Wouter van Der Kolk di Liputan 6, "Kami menyediakan platform jual-beli yang mudah diakses baik oleh penjual maupun konsumen. Bagi individu yang ingin menjual kendaraan melalui Carmudi tidak dikenai biaya sedangkan bagi diler pun kami kenakan biaya yang amat terjangkau."

Carmudi mengandalkan proses penjualan yang sederhana untuk penjual dan pembeli. Penjual hanya perlu mengisi kolom yang menjelaskan secara detail deskripsi kendaraan berikut nomor kontak yang bisa dihubungi dan lantas meng-upload foto kendaraan yang dijual. Pembeli pun dimudahkan dengan adanya fitur Parkir & Bandingkan untuk memudahkan calon pembeli menyeleksi mobil berdasarkan spesifikasinya.

Masih dari sumber yang sama van Der Kolk mengatakan, "Kami menyediakan kemudahan bagi para penjual dengan proses hanya berkisar 2 menit untuk mengiklankan kendaraan yang akan dijual."

Kemudahan lain yang diberikan oleh Carmudi yaitu melalui fitur Hubungi Kami. Fitur ini dapat digunakan oleh pengunjung untuk bertanya agar mendapat informasi lebih lanjut mengenai mobil yang diinginkan pada jm kerja. Selain itu Carmudi juga menyediakan laporan menarik mengenai kendaraan yang ada di pasaran sehingga dapat mengarahkan para penjual agar mendapatkan harga yang menarik. Van Der Kolk menambahkan bahwa Carmudi tak hanya memediasi proses bertemunya penjual dan pembeli, tetapi juga menyediakan data statistik serta info-info terkini mengenai jual beli kendaraan.

Di Indonesia sendiri pasar jual mobil secara online sudah diramaikan oleh Mobil123 dan Raja Mobil. Segmen penjualan Carmudi terdapat di mobil dan kendaraan komersial bekas. Segmen kendaraan komersial yang terdapat di Carmudi dapat menjadi pembeda jika dibandingkan dengan pemain lama seperti Mobil123 atau RajaMobil. Hingga saat ini Carmudi telah memiliki lima kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

[Ilustrasi: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter