Categories

Interview

Layanan Katering Online Malaysia Dahmakan Siap Ekspansi Ke Indonesia

Mengandalkan sistem pemasaran referral dengan pengantaran khusus ke perkantoran

Yenny Yusra - 23 September 2015

Pemain bisnis katering online di Indonesia semakin banyak jumlahnya. Sebut saja Berrykitchen, Gorry Gourmet, Indonesia Catering, dan lainnya membuktikan adanya demand atau permintaan dari konsumen untuk menghadirkan pilihan menu makan siang sesuai selera dan lezat yang langsung diantar ke kantor atau rumah.

Jika dilihat dengan seksama, kebutuhan para karyawan setiap harinya saat jam makan siang yang besar. Berbicara soal makan siang tak hanya soal ketersediaan, tapi juga faktor kesehatan. Google menyediakan menu makan siang yang diracik langsung koki di kantor pusat Google Indonesia. Hal serupa juga dilakukan Kaskus. Perusahaan mulai menyadari pentingnya menyuguhkan menu makan siang yang sehat untuk para pegawai yang ternyata disambut baik.

Dengan alasan itulah Dahmakan hadir. Perusahaan yang saat ini berbasis di Malaysia, menawarkan menu unik, terbaru dan berbeda khusus untuk pegawai kantoran.

Dahmakan berangkat dari rasa frustasi salah satu pendirinya, Jonathan Weins, yang mengeluhkan minimnya pilihan menu makan siang saat di kantor. Jonathan dan rekannya Jessica Li memutuskan untuk mengembangkan bisnis katering online yang hanya menyediakan menu sehat dan dapat dipesan satu minggu sebelumnya (pre-order).

“Tujuan kami adalah sederhana yaitu memberikan pilihan yang sehat untuk pegawai kantoran untuk menikmati menu makan siang yang segar dan langsung diantar ke kantor hanya dengan langkah mudah,” kata Jonathan.

Promosi pemasaran dengan sistem referral

Saat ini Dahmakan telah mendapatkan pendanaan dari investor Singapura dan Belanda dengan nilai sekitar $500.000. Pendanaan tersebut dimanfaatkan oleh Dahmakan untuk memperluas dapurnya, menambah jumlah chef, dan mengembangkan sistem teknologi.

Belajar dari pengalaman saat bekerja di Foodpanda, semua makanan yang diantar dibuat di dapur sendiri sehingga proses quality control bisa dilakukan dengan langsung. Executive chef senantiasa bermitra dengan ilmuwan yang bertanggung jawab untuk memastikan semua makanan sehat dan tetap segar ketika sampai ke tangan pelanggan.

Dalam hal pemasaran Dahmakan sepenuhnya mengandalkan sistem referral, yaitu pelanggan yang telah mencoba Dahmakan yang kemudian merekomendasikannya kembali kepada rekan kerja, keluarga, dan lainnya.

Logistik sepenuhnya dilakukan oleh tim kurir Dahmakan, Dahmakan memiliki tim pengantar yang sebelumnya telah lulus proses seleksi dan sudah diberikan training bagaimana caranya mengantarkan makanan yang cepat dan baik kepada pelanggan. Beberapa waktu yang lalu Dahmakan sempat bekerja sama dengan Uber dalam hal pengantaran makanan dalam rangka memperomosikan acara MasterChef terbaru.

“Teknologi memiliki peranan yang cukup besar dalam logistik, saat ini kami masih mencoba mencari cara yang tepat untuk bisa menekan biaya pengantaran yang pada akhirnya bisa menekan harga menu yang kami tawarkan kepada pelanggan,” kata Jonathan.

Ekspansi ke Indonesia

Dahmakan masih menjalankan bisnisnya di Malaysia, namun dengan makin besarnya minat dari konsumen dalam waktu 8-9 bulan mendatang Dahmakan akan melakukan ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara pertama yang akan disambangi.

“Kami banyak mendapat order dari masyarakat Indonesia yang mengira Dahmakan sudah ada di Indonesia. Karena alasan itulah kami memutuskan akan membuka kantor di Indonesia. Tunggu saja tanggal mainnya,” tutup Jonathan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter