Categories

Berita

Layanan Paylater Kredivo Bisa Dipakai di Alfamart, Penetrasi Fintech ke O2O Makin Kuat

Tahap awal baru bisa digunakan di 15 ribu gerai Alfamart

Marsya Nabila - 22 December 2020

Kredivo, platform pembayaran digital, mengumumkan kerja sama dengan jaringan minimarket Alfamart. Kini pengguna Kredivo dapat menggunakan limit kreditnya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di 15 ribu gerai Alfamart dengan bunga 0% dan tenor 30 hari.

General Manager Kredivo Lily Suriani mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memperluas akses kredit lebih luas ke seluruh masyarakat Indonesia. Sekaligus, bagian dari strategi Kredivo yang ingin hadir di setiap aktivitas dan ekonomi masyarakat dengan memberikan fasilitas paylater dalam 30 hari tanpa bunga.

“Di tengah penetrasi kredit yang masih rendah, kami berharap kerja sama dan inovasi yang kami hadirkan bersama Alfamart dapat menjadi stimulus bagi roda perekonomian Indonesia,” ujar Lily dalam keterangan resmi, Senin (21/12).

Managing Director Alfamart Ryan Alfons Kaloh menambahkan, perusahaan berkomitmen selalu menghadirkan berbagai inovasi berbelanja, juga mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional bersama pemerintah. “Kami bangga dapat bekerja sama dengan Kredivo yang telah hadirkan berbagai inovasi pembayaran bagi masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau oleh akses kredit,” kata dia.

Lily melanjutkan, dalam data internal perusahaan menunjukkan selama pandemi khususnya di kuartal ketiga tahun ini, ditemukan permintaan meningkat hingga 20% untuk produk-produk keseharian dibandingkan kuartal sebelumnya. Oleh karenanya, kerja sama strategis Kredivo dan Alfamart dapat menjangkau lebih banyak pengguna. Kredivo sendiri menargetkan dapat melayani 10 juta konsumen dalam beberapa tahun mendatang.

Pada tahap awal, Kredivo dapat digunakan sebagai alternatif metode pembayaran di 15 ribu gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Untuk memanfaatkan limit Kredivo di Alfamart, pengguna cukup menggunakan menu ‘Barcode’ yang ada di aplikasi Kredivo, lalu memilih merchant Alfamart.

Berikutnya, memasukkan PIN serta voucher diskon, barcode akan muncul selama lima menit dan dapat dipindai oleh kasir Alfamart untuk menyelesaikan transaksi. Selain mempermudah masyarakat pengguna Alfamart untuk mengatur cashflow belanja kebutuhan sehari-harinya, kerja sama ini diharapkan dapat membantu merchant dalam meningkatkan rata-rata nilai pembelian.

Alfamart menambah rangkaian merchant offline yang kini menerima pembayaran dengan limit Kredivo. Sebelumnya, sudah bekerja sama dengan merchant yang datang dari bisnis ritel, elektronik, dan F&B, seperti Electronic City, Erafone, Okeshop, Gramedia, Wakai, 20Fit, McDonald’s, Solaria, dan masih banyak lagi.

Kerja sama O2O lainnya

Luasnya jaringan peritel seperti Alfamart atau Indomaret membawa potensi bisnis yang besar buat banyak perusahaan untuk menjangkau lebih banyak basis pengguna. Makanya, banyak perusahaan ramai-ramai melakukan kerja sama dari berbagai hal tanpa harus membuka kantor sendiri.

Khusus di perusahaan teknologi saja, salah satu yang bisa diangkat adalah kerja sama Blibli dengan Alfamart untuk layanan Click and Connect. Dalam layanan ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja online di Blibli tanpa harus menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan karena mereka bisa langsung mengambil ke gerainya.

Dari sisi kerja sama untuk kemudahan pembayaran, sebelumnya baik Alfamart ataupun Indomaret aktif bekerja sama dengan pemain uang elektronik seperti Gopay, OVO, dan ShopeePay. Bahkan, pemain e-commerce juga menyediakan pembayaran via gerai minimarket untuk menjangkau konsumen yang belum sepenuhnya memanfaatkan aplikasi pembayaran, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter