1 December 2013

by wiku

Layanan Pembiayaan Columbia Sentuh Ranah Mobile, Hadirkan Aplikasi Shoot Your Dream

Layanan pembiayaan kredit Columbia hadirkan aplikasi untuk perangkat bergerak yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan produk yang mereka impikan dengan aplikasi Shoot Your Dream.

Aplikasi bernama Shoot Your Dream ini dihadirkan untuk memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan BlackBerry serta mobile web ini memungkinkan pengguna untuk memfoto barang atau produk yang diinginkan, mengunggahnya ke dalam aplikasi dan nantinya pihak Columbia akan mencarikan produk yang diinginkan dan mengontak untuk memberikan fasilitas kredit atas produk tersebut jika telah tersedia untuk dibeli.

Columbia sendiri adalah adalah lembaga pembiayaan untuk berbagai produk, termasuk kebutuhan rumah tangga, elektronik, perabotan dan gadget. Anda mungkin mengenalkan dengan outlet-outlet yang ada di sekitar rumah Anda. Columbia telah hadir 30 tahun dan memiliki 400 showroom di 300 kota. Columbia dikenal dengan fasilitas pembelian produk dengan sistem kredit.

Aplikasi Shoot Your Dream ini menitikberatkan pada kemudahan untuk mendapatkan barang secara kredit selain itu fokusnya bukan menawarkan barang tetapi memenuhi keinginan konsumen. Lewat aplikasi ini, konsumen bisa memfoto barang yang diinginkan, mengunggah dan menyerahkan pecarian barang pada Columbia. Setelah barang tersedia, aplikasi akan memberikan informasi ketersediaan barang, jika konsumen mengkonformasi maka Columbia akan mengontak dan memberikan detail untuk proses pembayaran.

Berbincang saat peluncuran beberapa hari yang lalu, GM Marketing dari Columbia, Surya Utama, menjelaskan bahwa aplikasi ini dihadirkan selain menghadapi pertumbuhan dunia digital yang terjadi di Indonesia juga sebagai strategi untuk menghadirkan pengalaman yang berbeda lewat mobile commerce dengan diferensiasi serta keunikan yang hadir dari Shoot Your Dream.

Untuk produk yang bisa dibeli secara kredit dari aplikasi pun beragam, mulai dari gadget sampai dengan fashion. Sistem pembiayaan yang disediakan menggunakan sistem yang telah dimiliki Columbia untuk layanan pembiayaan, untuk harga produk yang bisa dibeli secara kredit minimal 1.5 juta. Wilayah jangkauannya pun hampir seluruh Indonesia. Bahkan untuk mereka yang berada di luar negeri dan ingin membeli produk untuk relasi mereka di Indonesia, juga bisa dilakukan, naum tidak dengan sistem kredit melainkan tunai. Sedangkan persyaratan produk yang dibeli secara kredit mengikuti sistem yang telah ada di Columbia dengan fokus pada kemudahaan pembiayaan.

Jika untuk layanan offline (outlet) mereka ditujukan untuk pasar menengah dan juga bawah, aplikais Shoot Your Dream ini dihadirkan untuk menyasar pasar medium (menengah). Pasar ini juga lekat dengan smartphone serta penggunaan aplikasi. Aplikasi Shoot Your Dream dikembangkan oleh Vela Asia yang menjadi mitra Columbia dalam pengembangan aplikasi ini.

Untuk cara melakukan pembayaran, dijelaskan saat acara peluncuran beberapa hari lalu antara lain, menggunakan sistem transfer antar bank untuk pembayaran pertama sedangkan untuk pembayaran selanjutnya (angsuran) bisa menggunakan ATM BCA, lewat layanan POS atau lewat outlet Columbia. Pengiriman barang juga tidak dikenakan biaya tambahan, semua telah masuk dalam harga pembiayaan kredit yang ditawarkan untuk produk yang ingin dibeli konsumen.

Kehadiran layanan mobil commerce dari Columbia dengan aplikasi Shoot Your Dream merupakan langkah awal bagi strategi e-commerce Columbia, mereka akan terus mengembangkan aplikasi ini yang sekarang masih dalam fase satu. Kehadiran aplikasi ini pun menjadi langkah Columbia ke ranah digital.

Bagi saya sendiri langkah ini cukup menarik, meski bukan pelanggan Columbia tetapi saya melihat outlet mereka cukup tersebar luas dan telah menjadi pilihan pembiayaan kredit dari konsumen tanah air. Meski kita juga bisa melihat layanan online mereka lewat web, namun strategi Columbia menghadirkan aplikasi adalah upaya mereka untuk menjangkau pengguna smartphone yang pertumbuhaannya yang memang harus direngkuh.

Meski sistem yang disediakan layanan Shoot Your Dream tidak sepenuhnya digital (peran costumer service masih termasuk sentral di layanan ini karena proses pemberitahuan jika produk tersedia serta proses lainnya masih dipegang customer service), namun sebagai perusahaan yang telah 30 tahun menikmati bisnis offline mereka, langkah menyediakan aplikasi untuk pasar digital (smartphone) tetap menarik untuk dicermati.

Aplikasi Shoot Your Dream telah tersedia di Google Play, akses dari mobile web serta tersedia untuk perangkat BlackBerry. Berikut video penjelasan aplikasi Shoot Your Dream.