Categories

Feature

Daftar Layanan-Layanan Pendukung Pengembangan Bisnis UKM

Terdiri dari platform e-commerce, pengelolaan karyawan, pemodalan, hingga chatbot

Prayogo Ryza - 19 March 2020

Bisnis UKM saat ini memasukin babak baru persaingan. Banyak yang mulai memanfaatkan layanan digital dalam proses bisnisnya. Yang paling gampang terlihat adalah pemanfaatan media sosial sebagai kanal promosi. Selain lebih murah, kampanye juga efektif menjangkau lebih banyak orang di waktu yang relatif lebih singkat. Namun, yang perlu diketahui para pebisnis UKM, ada banyak layanan digital lain yang bisa membantu bisnis berkembang. Berikut kami kurasikan beberapa produk/layanan yang bisa dimanfaatkan oleh UKM.

E-commerce platform

Saat ini siapa orang yang tidak pernah berbelanja melalui e-commerce. Industri dan layanan e-commerce selama 10 tahun terakhir telah berkembang cukup pesat. Banyak fitur bermanfaat diluncurkan, banyak integerasi menguntungkan dilakukan. Bagi para pebisnis atau UKM e-commerce adalah salah satu pilihan untuk bisa terhubung dengan pembeli, di manapun berada. Selain itu, adanya mekanisme aduan atau komplain juga menjadi keunggulan tersendir, karena pada dasarnya e-commerce mengedepankan keamanan penjual dan pembeli di dalam ekosistemnya. Berikut beberapa daftar e-commerce platform :

Sistem Transaksi atau POS

Sistem atau layanan POS (Point of Sales) merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis. Bisa untuk warung biasa, cafe, restauran, atau dalam bentuk apa pun yang berkaitan dengan pencatatan transaksi. Sekarang ini UKM atau bisnis tidak perlu melakukan pengembangan software sendiri karena sudah banyak yang menyediakan. Bentuk SaaS, atau sederhananya pengguna tinggal berlangganan akun. Beberapa penyedia bahkan terintegerasi dengan sistem pembayaran dan sistem-sitem lainnya. Pengguna juga bisa mengelola banyak cabang melalui satu akun, memonitor satu penjualan melalui satu dashboard. Berikut pilihan penyedia POS yang bisa digunakan oleh bisnis atau UKM.

Manajemen Karyawan

Salah satu tantangan kesulitan bisnis UKM berkembang adalah mengembangkan sebuah sistem untuk mengelola karyawan yang dimiliki. Sebuah sistem harus dipersiapkan agar tercatat rapi dan tentunya gampang dikelola. Sejak industri startup digital mulai moncer, layanan yang menawarkan pengelolaan karyawan bermunculan. Tidak hanya mencatat profil karyawan, sistem yang ditawarkan juga mampu menangani masalah kehadiran, cuti, gaji, hingga bentuk manajerial karyawan lain. Berikut beberapa layanan digital yang bisa dimanfaatkan oleh UKM untuk mengelola karyawannya.

Logistik

Sedang merintis binis UKM yang butuh sistem manajemen logistik atau gudang?, kesulitan mengembangkan sistem pengiriman dan pergudangan?, masih kesulitan mencari cara paling sederhana proses pengiriman barang?, semua masalah ini adalah pertanyaan yang coba diselesaikan semua startup yang bergerak di bidang logistik. Sistem yang dibangun dan ditawarkan merupakan jawabannya, integerasi dan sistem pengelolaan pengiriman disediakan untuk membantu bisnis dan UKM terlepas dari permasalahan yang melelahkan di sektor logistik. Berikut daftar startup yang menyediakan solusi digital di bidang logistik.

Pengelolaan Keuangan

Salah satu alasan bisnis atau UKM gagal adalah pengelolaan keuangan yang buruk. Mulai dari pencatatan transaksi hingga keuangan secara menyeluruh. Ketika pencatatan kertas tak lagi efektif, dan butuh software khusus yang lebih mudah dan murah banyak startup mulai melihat peluang ini. Hadirlah nama-nama di bawah ini sebagai solusi pencatatan keuangan yang terintegerasi, tujuannya sama, membantu bisnis dan UKM dalam mengelola keuangannya, sehingga mereka bisa lebih fokus pada pengelolaan bisnis dan rencana-rencana ke depannya. Berikut daftar startup yang menghadirkan solusi pengelolaan keuangan bagi UKM.

Pemodalan

Modal adalah bagian penting dari bisnis atau UKM. Tak hanya digunakan untuk memulai tetapi juga digunakan untuk mengembangkan. Biasanya bank menjadi salah satu jalan keluar untuk permasalahan modal ini. Beruntungnya, sekarang banyak sekali pilihan untuk mendapatkan modal dengan berbagai modal. Dua di antaranya adalah model P2P lending dan equity crowdfunding. Yang satu diberi pinjaman, yang satu mendapatkan modal dengan cara “menjual saham” ke beberapa investor melalui platform. Berikut daftar startup yang membantu kesulitan pemodalam bagi bisnis dan UKM.

E-commerce enabler

Salah keuntungan dari solusi digital yang tak bisa dipungkiri adalah integerasi. Jika di awal tadi sudah diberikan daftar platform e-commerce yang bisa membantu UKM mengembangkan bisnisnya, berikut adalah daftar layanan yang meyediakan dashboard atau sebuah halaman yang bisa mengelola penjualan di berbagai macam platform. Lengkap dengan fitur dan manajemen data yang dirancang untuk mengelola banyak kanal penjualan di dalam satu tempat. Sering disebut sebagai E-coommerce enabler. Berikut daftarnya:

Pajak

Semua akan digital pada waktunya. Saat ini proses pengelolaan pajak pun ada solusinya, karena ada startup yang menawarkan jasa pengelolaannya. Sekali lagi, ini bisa jadi salah satu solusi bagi UKM agar tetap tertib membayar pajak. Berikut daftarnya:

Chatbot

Sebagai bisnis UKM yang terhubung dengan pembeli melalui kanal online sudah tentu wajib fast response. Tak hanya itu, informatif dengan bahasa yang sopan adalah suatu keharusan. Dalam fase bisnis yang berkembang satu atau dua pegawai tentu dirasa kesulitan, nah di sini chatbot adalah solusi. Chatbot adalah sebuah teknologi, di mana ada sebuah sistem yang mampu menjawab percakapan pembeli secara otomatis. Pertanyaan standar seperti stock, harga, dan cara pembelian bisa dijawab hanya dalam hitungan detik. Ini tentu penting bagi UKM yang membutuhkan sistem yang efektif. Berikut beberapa startup yang menawarkan solusi pengembangan chatbot dengan mudah.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id