Categories

Business

Layanan Pengiriman Uang Lewat Aplikasi Facebook Messenger Siap Hadir?

Oki Rosgani - 8 October 2014

Facebook sebagai salah satu situs layanan jejaring sosial itu terus melakukan inovasi, setelah perusahaan ini berhasil mengakuisisi layanan pesan instan WhatsApp , kini perusahaan milik milyuner muda itu dirumorkan tengah menyiapkan layanan baru.

Layanan ini dikabarkan akan dibenamkan pada aplikasi Facebook Messenger dan memungkinkan pengguna untuk dapat mengirimkan uang melalui aplikasi Facebook Messenger.

Jika hal ini benar, maka layanan transfer uang melalui aplikasi Facebook Messenger akan menjadi penantang baru bagi BlackBerry yang sebelumnya telah lebih dulu meluncurkan layanan serupa yang bernama BBM Money.

Tidak hanya BlackBerry yang akan sedikit 'terganggu' dengan adanya layanan ini, namun Apple Pay yang sebelumnya digadang-gadang sebagai salah satu metode pembayaran baru yang akan diterapkan pada platform iOS 8 juga kemungkinan akan sedikit banyak mendapat 'gangguan', pasalnya pengguna layanan Facebook Messenger tentu melebihi angka pengguna iOS maupun BlackBerry.

Keberadaan layanan pembayaran secara peer-to-peer ini tentu akan sangat memudahkan bagi pengguna untuk melakukan transaksi, selain lebih aman, pengguna juga tidak harus direpotkan untuk membawa uang tunai atau mengambil uang dari mesin ATM, namun cukup dengan menjalankan aplikasi Facebook Messenger yang ada pada smartphone mereka.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengirim Email Lewat Yahoo

 

Layanan ini kabarnya merupakan layanan tambahan yang akan disisipkan pada aplikasi Facebook Messenger sehingga tampilan antar muka yang digunakan akan lebih familiar, semudah pengguna menggunakan aplikasi Facebook Messenger di smartphone mereka. Daftar sejarah transaksi juga bisa terekam dan bisa dilihat dengan terelebih dahulu merubah opsi pada aplikasi Facebook Messenger.

Fungsi dari layanan dibahas dan dibuat videonya oleh salah seorang programmer aplikasi untuk iOS bernama Andre Aude,. Menurutnya, aplikasi Facebook Messenger nantinya akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman uang dimana pengguna diharuskan untuk menghubungkan data kartu debit mereka ke layanan ini.

Sayangnya layanan transkasi melalui aplikasi Facebook Messenger ini belum mendukung proses pembayaran dengan menggunakan PayPal, sehingga kemungkinan pada awal-awal kemunculannya, layanan ini hanya akan bisa digunakan di beberapa negara saja.

Belum ada konfirmasi dari pihak Facebook, namun jika layanan ini benar-benar terwujud maka ini akan menjadi fasilitas yang menarik. Penggunaan aplikasi Facebook Messenger cukup diminati oleh para pengguna perangkat genggam sehingga bisa diprediksikan akan banyak pula yang akan menggunakan layanan atau fitur ini, selain itu, aplikasi ini juga tersedia pada hampir semua platform yang ada.

Sumber artikel dan gambar header: Idownloadblog.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter