Forum terbesar di jagat internet tanah air, Kaskus, belum lama ini meluncurkan layanan premium membership bertajuk Kaskus Plus. Konsep yang ditawarkan sederhana, yakni memberikan perlakuan istimewa pada para anggota yang tak segan membayar biaya berlangganan.

Secara total ada 9 fitur yang bisa didapatkan oleh member Kaskus Plus. Fitur-fitur tersebut tak hanya memberikan pengalaman berinteraksi dalam forum yang lebih sempurna, tetapi juga membawa sejumlah keuntungan bagi para pemilik lapak yang masih setia menjajakan barang dagangannya di Forum Jual-Beli alias FJB Kaskus.

Apa saja fitur barunya? (1)Member Kaskus Plus akan mendapatkan akses eksklusif ke sejumlah forum khusus. Selama bercengkerama di dalam forum, (2)member Kaskus Plus bisa menggunakan set emoticon eksklusif yang khusus dirancang buat mereka.

Selanjutnya, (3)member juga dapat mencari tahu siapa saja user yang memberinya Cendol/Bata – istilah reputasi baik-buruk yang ada di dalam Kaskus. Masih seputar cendol, (4)member Kaskus Plus bisa memberi cendol kepada 3 user yang berbeda dalam satu hari, sangat istimewa. Dan tentu saja, (5), member juga akan mendapat tag premium Kaskus Plus pada profilnya.

Info menarik: MyGadgets: Andrew Darwis, Founder Kaskus

Menemani 5 fitur di atas adalah 4 fitur yang akan mengistimewakan para pemilik lapak FJB. (6)Member Kaskus Plus bisa menikmati akses prioritas dengan menjadi Verified Seller (VSL), dan di saat yang sama, (7) lapak FJB milik member Kaskus Plus akan tampak lebih menonjol dengan warna highlight yang berbeda.

Komunikasi antara penjual dan pembeli juga bakal berjalan dengan lebih lancar sebab (8) kapasitas Inbox milik member Kaskus Plus lebih besar, bisa menampung hingga sekitar 500 Personal Message alias PM. Dan yang terakhir yang menurut saya paling menarik buat para pemilik lapak FJB adalah, (9)member Kaskus Plus dapat ‘menyundul’ lapaknya hingga 8x per hari – fitur sundul ini berguna untuk menampilkan lapak pada urutan teratas di masing-masing sub-forum.

Untuk menjadi anggota Kaskus Plus, user tidak harus mendaftarkan akun baru. Cukup masukkan user ID pada form yang tertera di situs resmi Kaskus Plus, lalu pilih paket berlangganan yang diinginkan. Pilihan paketnya sejauh ini ada empat: 1) Rp 30 ribu per bulan, 2) Rp 80 ribu per tiga bulan, 3) Rp 150 ribu per enam bulan, dan yang paling hemat 4) Rp 300 ribu per tahun. Pembayarannya sendiri bisa dilakukan via transfer bank atau dengan memanfaatkan layanan KasPay.