15 December 2016

by Glenn Kaonang

Layanan Streaming Amazon Prime Video Kini Sudah Tersedia di Indonesia

Usung konten eksklusif seperti The Grand Tour untuk bersaing dengan Netflix dan lain-lain

Bertambah satu lagi layanan streaming film yang bisa dinikmati konsumen tanah air. Layanan yang saya maksud adalah Amazon Prime Video, yang belum lama ini menjadi buah bibir karena mulai menayangkan TV show eksklusif The Grand Tour.

Bagi yang tidak tahu, The Grand Tour adalah serial otomotif baru yang bisa dibilang sebagai reinkarnasi Top Gear. Kehadiran tiga mantan host Top Gear yang amat kondang; Jeremy Clarkson, Richard Hammond dan James May; adalah alasan mengapa serial ini begitu banyak dibicarakan, dan Amazon sepertinya tidak mau momentum ini sia-sia begitu saja.

Retailer online terbesar yang dipimpin oleh Jeff Bezos tersebut akhirnya membuka akses Prime Video ke lebih banyak negara – 200 negara lebih tepatnya – menjadi pesaing langsung Netflix yang sudah lebih dulu berekspansi ke 130 negara pada awal tahun. Guna menghadapi persaingan, Amazon pun telah menyiapkan sejumlah konten eksklusif dalam Prime Video dengan label "Amazon Original Series".

The Grand Tour tadi hanyalah salah satu, namun bisa dibilang yang paling pantas dijadikan alasan untuk berlangganan Amazon Prime Video. Selebihnya, ada serial orisinil lain macam The Man in the High Castle, Transparent, Mozart in the Jungle, Tumble Leaf, dan masih banyak lagi.

Dalam masa perkenalannya, Prime Video ditawarkan dengan tarif berlangganan sebesar $3 per bulan selama enam bulan ke depan, sebelum nantinya naik menjadi $6 per bulan. Sama seperti Netflix, Prime Video juga menyediakan free trial selama 30 7 hari, dan bisa diakses melalui smartphone, tablet maupun smart TV.

Sumber: Engadget dan Business Wire.

*Koreksi: Sebelumnya disebutkan bahwa Prime Video menyediakan free trial selama 30 hari. Namun ternyata ketentuan untuk tiap negara berbeda-beda, dan untuk konsumen tanah air free trial-nya hanya selama 7 hari. Artikel sudah dikoreksi.