Categories

Game

Layanan Streaming Game Nvidia Grid Punya Identitas Baru: GeForce Now

Glenn Kaonang - 1 October 2015

Setelah sekitar satu tahun lebih menjalani tahap beta testing, layanan streaming gameNvidia Grid akhirnya siap beroperasi secara resmi. Bersamaan dengan itu, layanan tersebut rupanya menerima identitas baru, yaitu GeForce Now.

Sejatinya tidak banyak yang berubah dari GeForce Now selain namanya. Nvidia mendeskripsikannya sebagai "Netflix untuk game", dan sama seperti Netflix, pesaingnya pun tidak sedikit, di antaranya PlayStation Now dan GameFly.

Kendati demikian, Nvidia tampaknya tidak takut layanan streaming game-nya kalah langkah dari kedua kompetitornya itu. Dengan begitu bangganya, Nvidia mencantumkan tabel komparasi antara GeForce Now, PlayStation Now dan GameFly di situs resminya.

Melihat tabel tersebut, tampak jelas bahwa performa adalah keunggulan utama GeForce Now. Seperti yang kita tahu, Nvidia sudah membangun server yang ditenagai GPU kelas atas untuk menjalankan game PC dalam kualitas terbaik. Dan semua itu bisa di-stream dalam resolusi 1080p 60 fps, dengan catatan koneksi internet Anda bisa menembus angka 50 Mbps – di bawah itu, kualitasnya menurun jadi 720p 60 fps atau lebih rendah lagi.

Info menarik: Inilah Cara Nvidia Merespon New Apple TV

GeForce Now sendiri bisa dinikmati oleh para pemilik lini perangkat Nvidia Shield, baik Shield Portable, Shield Tablet maupun yang terbaru, Shield Console. Nvidia menjanjikan masa pengujian gratis selama 3 bulan – jauh lebih lama dari kedua kompetitornya – dan biaya bulanannya pun dipatok $8 saja.

Soal kuantitas game yang tersedia, GeForce Now mungkin masih kalah dibanding PlayStation Now. Akan tetapi Nvidia telah menjanjikan judul-judul AAA akan datang secepatnya. Salah satu yang sudah hadir adalah The Witcher 3: Wild Hunt, yang masih termasuk cukup baru.

Sayangnya hingga kini belum ada keterangan resmi soal ketersediaan layanan GeForce Now di Indonesia. Well, lini Nvidia Shield saja juga belum resmi memasuki pasar tanah air. Jadi meski terdengar menjanjikan, tampaknya kita masih harus menunggu lebih lama lagi.

Sumber: Nvidia Blog via The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter