20 May 2014

by wiku

Layanan Streaming Musik Rdio Kini Hadir di Indonesia

Bagi pecinta musik, kini tambah lagi satu layanan streaming musik yang tersedia di Indonesia.

Rdio melengkapi kehadiran beberapa layanan streaming musik asal luar negeri yang bisa dinikmati oleh pengguna Indonesia. Rdio sendiri adalah perusahaan asal San Francisco, cukup populer di negara asal dan saat ini mereka memiliki koleksi lebih dari 25 juta lagu.

Layanan streaming musik yang telah berdiri sejak 2010 menambah cakupan negaranya ke 9 negara baru sehingga total ada 60 negara yang bisa menikmati layanan ini. 9 negara tersebut adalah Croatia, Cyprus, Greece, Slovakia and Slovenia untuk wilayah Eropa sedangkan untuk Asia ada Filipina, Singapura, Thailand dan tentu saja Indonesia.

Di layanan ini Anda bisa menikmati lagu secara streaming, kita bisa mencari artis atau lagu favorit, mendengarkan pilihan lagu yang sering diputar atau melihat tangga lagu teratas serta rilisan baru. Rdio juga memberikan rekomendasi musik pada penggunanya disesuaikan dengan lagu yang telah Anda putar.

Anda juga bisa membuat playlist yang berisi lagi favorit Anda atau susunan lagu berdasarkan tema tertentu. Bagi Anda yang malas untuk membuat playlist ada pula fasilitas Stasiun yang menghadirkan pilihan kompilasi lagu yang bisa langsung didengarkan.

 

Info menarik: Layanan streaming musik Guvera

 

Tampilan Rdio minimalis dan terasa elegan. Player musik ada di bagian bawah, Anda bisa melihat daftar lagu yang sedang diputar dengan mengklik button list di bagian kanan bawah. Selama lagu diputar, Anda juga bisa menjelajah lagu atau musisi lain di koleksi Rdio. Layanan ini bisa dinikmati lewat desktop atau perangkat bergerak seperti iOS, Android dan Windows Phone Store.

Bagaimana dengan harga, ketika Anda belum memiliki akun setelah mendaftar Anda akan diberikan fasilitas uji coba secara gratis, jika ingin menikmati tanpa batas ada 3 skema berlangganan, yang pertama adalah akses dari web saja dengan biaya Rp 10.000/bulan, lalu ada skema Unlimited dengan biaya Rp 20.000/bulan dengan akses dari web serta aplikasi perangkat bergerak.

Sedangkan paket terakhir adalah Unlimited Familiy dengan biaya Rp 36.000/bulan untuk 2 orang berlangganan dengan diskon 20% untuk orang kedua, serta paket lain untuk tambahan orang ketiga, keempat dan kelima.

Kehadiran Rdio ini menambah lengkap pilihan streaming musik di Indonesia, saat ini setidaknya sudah ada Deezer, Guvera, Ohdio, Nokia MixRadio yang menghadirkan layanan berlangganan atau gratis untuk akses musik. Selain itu kita juga sudah mengenal Soundcloud, Vimeo atau YouTube untuk streaming lagu dan video.

Layanan streaming semakin mendapat tempat di pasar lokal, meski banyak keraguan akan akses internet di kita yang masih lambat tapi kenyataanya ketertarikan banyak layanan ini untuk menggarap pasar lokal menunjukan bahwa itu bukan masalah yang tidak bisa diatasi, lagi pula beberapa layanan telah mengatur aksesnya agar lancar bagi pengguna Indonesia. Pertumbuhan akses internet serta layanan data juga menjadi wadah bagi layanan streaming untuk terus bertumbuh.

Setelah  layanan populer lain hampir semuanya telah masuk ke sini, sepertinya kita tinggal menunggu waktu untuk layanan populer Spotify hadir di Indonesia.

Informasi Rdio bisa diakses dari situs resmi dan berikut skema berlangganan Rdio.