6 August 2012

by Amir Karimuddin

Tiket Kereta Api Kini Sudah Bisa Dibeli Secara Online

Akhirnya. Setelah sekian lama tertinggal dari moda transportasi seperti pesawat untuk kemudahan pemesanan tiket, akhirnya PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket melalui Internet. Fasilitas ini melengkapi cara-cara lain untuk membeli tiket kereta api, termasuk di dalamnya Rail Card dan Rail Box serta pembelian di minimarket terdekat. Tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk mengantri dan bersaing dengan calo demi mudik atau mengunjungi teman dan kerabat.

Meskipun telah diluncurkan per tanggal 3 Agustus lalu, percobaan pertama di akhir pekan lalu berakhir gagal. Setiap kali mencoba booking, sistem selalu gagal untuk melanjutkan ke halaman konfirmasi dan pengisian data. Untungnya per pagi ini semuanya telah dibenahi. Langkah demi langkah untuk pemesanan dan pembayaran berhasil dicoba. Untuk pembayaran, ada dua metode yang didukung. Pertama adalah pembayaran manual melalui ATM sejumlah bank (yang disebutkan secara eksplisit). Kedua adalah pembayaran secara online untuk kartu kredit Visa dan MasterCard. Pembayaran online ini didukung oleh Payment2Go.

Saat ini pembelian di situs PT KAI mendukung pembelian hingga 90 hari ke depan. Selain melalui situs PT KAI, dalam waktu dekat kita bisa juga membeli tiket kereta api melalui Tiket.com.