Layanan Video On-Demand Iflix Resmi Hadir di Indonesia

Layanan Video On-Demand Iflix Resmi Hadir di Indonesia

Tidak eksklusif untuk pengguna Telkom, sementara ini hanya menerima pembayaran menggunakan kartu kredit
CEO Iflix Indonesia Cam Walker saat acara peluncuran Iflix di Jakarta / DailySocial
CEO Iflix Indonesia Cam Walker saat acara peluncuran Iflix di Jakarta / DailySocial

Layanan video on-demand kembali hadir di Indonesia. Dengan konsep yang serupa dengan pemain yang telah hadir lebih awal seperti Netflix dan HOOQ, kini penggemar layanan televisi internet di tanah air bisa menikmati Iflix. Indonesia merupakan negara keempat yang disambangi Iflix, setelah sebelumnya hadir di Malaysia, Thailand dan Filipina.

Iflix hadir secara independen dan bisa diakses oleh semua operator dan layanan internet di Indonesia. Hal ini menegaskan Iflix tidak eksklusif untuk pengguna Telkom, meskipun pengguna Indihome memiliki keunggulan berlangganan gratis Iflix dengan paket bundle.

“Sejak awal Iflix ingin menjadi sebuah layanan non-partnership dan telcodriven, artinya kemitraan eksklusif bukanlah bagian dari visi dan misi dari Iflix,” kata CEO Iflix Indonesia Cam Walker kepada media saat acara peluncuran Iflix.

Saat ini Iflix sudah bisa diunduh di aplikasi mobile platform Android dan iOS. Dengan proses registrasi yang mudah, pengguna bisa menikmati layanan film dan serial televisi lokal dan mancanegara di Iflix dengan pilihan 12 ribu jam lebih konten. Sebagai bagian dari promosi, pengguna yang baru mendaftar diberi kesempatan menikmati layanan gratis selama 1 bulan.

“Strategi awal kami adalah menyebarkan awareness kepada masyarakat di Indonesia. [Secara jangka panjang] kami ingin mendefinisikan ulang siaran televisi untuk 1 miliar pemirsa di negara-negara berkembang di seluruh dunia,” ujar Walker.

Perusahaan yang berbasis di Malaysia ini didirikan oleh CEO Catcha Group Patrick Grove, Mark Britt, dan Evolution Media Capital (EMC). Selain suntikan dana dari Catcha Group dan EMC, Iflix juga telah mendapatkan pendanaan eksternal dari Emtek Indonesia, Sky Inggris, PLDT Filipina, dan MGM. Secara keseluruhan total nilai investasi yang diperoleh berjumlah $50 juta (lebih dari 650 miliar Rupiah).

Fitur-fitur andalan

Sekilas fitur dan tampilan dari Iflix nampak serupa dengan kompetitor lainnya seperti Netflix dan HOOQ. Iflix bisa digunakan di 5 perangkat yang berbeda dan bisa digunakan 2 perangkat secara bersamaan, bisa mengunduh 10 film dan serial  televisi, dan bisa dinikmati secara offline. Iflix juga dilengkapi dengan 500 konten lokal yang sengaja dihadirkan khusus untuk masyarakat Indonesia.

“Lokalisasi tentunya merupakan hal utama yang ada di Iflix. Dengan demikian masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pilihan konten lokal hingga mancanegara,” kata Cam Walker.

Fitur lain yang disediakan Iflix di antaranya adalah kode PIN parent control  untuk mengontrol konten yang layak ditonton untuk anak-anak dan subtitel bahasa Indonesia, Malaysia dan Thailand. Iflix juga mendukung perangkat Chromecast di situs dan aplikasi.

Jenis paket dan pembayaran

Biaya yang dibebankan oleh Iflix untuk berlangganan usai masa promosi berakhir adalah Rp 39 ribu / bulan. Ditawarkan pula biaya berlangganan tahunan yang dibanderol sebesar Rp 375 ribu / tahun. Sistem pembayaran yang tersedia di Iflix saat ini adalah kartu kredit.

“Saat ini kami belum menyediakan jenis pembayaran lain. Namun demikian untuk ke depan kami berencana menghadirkan pula pembayaran melalui carrier billing atau potong pulsa, bank transfer dan e-money,” kata Walker.

Bagi Anda pelanggan Telkom Indihome akan mendapatkan layanan Iflix dibundel dengan paket berlangganan yang sudah ada selama 12 bulan. Demikian juga dengan pelanggan GIG yang mendapatkan kesempatan gratis hingga 6 bulan.

Kualitas setara HD dan smooth streaming

Pengalaman pertama saya menikmati IFlix di desktop dan aplikasi mobile cukup memuaskan. Dengan pilihan film dan serial televisi yang terkini dan beragam, kualitas streaming yang disajikan setara Netflix dan lebih baik ketimbang HOOQ.

Saat ini Iflix belum menyediakan fitur Queue yang secara otomatis akan memutar episode selanjutnya untuk serial televisi seperti yang tersedia di Netflix, namun demikian saat Anda sedang menikmati tayangan di desktop dan aplikasi mobile akan tersedia tombol pilihan berupa daftar episode selanjutnya yang langsung bisa dipilih tanpa harus kembali ke beranda atau Home.

“Kami menyadari saat ini masih banyak fitur-fitur yang belum kami hadirkan di Iflix di antaranya adalah fitur Queue. Namun demikian dalam waktu dekat fitur tersebut akan kami hadirkan begitu juga dengan pembaruan lainnya,” kata Walker.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…