Categories

Berita

Pengguna Perangkat iOS Paling Betah Akses Lazada

Aplikasi mobile Lazada tercatat diunduh 11 juta kali, pengguna perangkat iOS mengakses Lazada lebih lama ketimbang Android atau desktop

Michael Erlangga - 23 May 2015

Online marketplace Lazada mencatatkan aktivitas unduhan aplikasi mereka yang cukup signifikan di wilayah Asia Tenggara. Diklaim telah melesat hingga 75% semenjak Desember 2014, aplikasi mobile Lazada mencapai 50 ribu unduhan nyaris setiap harinya selama bulan April, menghasilkan total 11 juta unduhan sejak awal mula peluncurannya. Tercatat pengguna platform iOS paling betah mengakses Lazada dengan lama pengaksesan rata-rata 7,8 menit.

Pencapaian tersebut tak lepas dari perubahan perilaku konsumen dalam melakukan pencarian dan mengeksekusi belanja secara online yang kian hari semakin dewasa. Untuk pasar Indonesia sendiri, Lazada mengutip data dari Google’s Consumer Barometer yang memaparkan penggunaan perangkat guna mengakses Internet didominasi oleh smartphone sebesar 28%, sementara perangkat desktop/laptop hanya sebesar 15% pada tahun 2014.

Menurut data internal Lazada Indonesia, konsumen pasar lokal melakukan pencarian dalam waktu rata-rata 6,6 menit di perangkat Android, dan 7,8 menit di perangkat iOS, sementara di desktop hanya 4,4 menit saja. Uniknya mayoritas pengakses didominasi oleh kaum pria sebesar 65% yang berumur 25-44 tahun. Pada bulan April saja, Handphone & Tablet menjadi kategori paling sering diakses, disusul oleh kategori Peralatan Rumah Tangga, dan Kesehatan & Kecantikan.

“Fakta ini jelas menunjukkan bahwa berbelanja online menjadi lebih nyaman dan mudah. Dengan rata-rata waktu tujuh menit yang dihabiskan setiap sesinya bagi pengguna aplikasi mobile, menjadi pilihan yang lebih memudahkan jika dibandingkan menghabiskan waktu dalam perjalanan dan tanpa perlu berdesak-desakan di mall,” kata CEO Lazada Indonesia Elizabeth Craft.

Berikut klasifikasi aplikasi mobile Lazada di enam negara Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina):

Kelompok umur

  • Kelompok umur terbesar adalah dari pengguna berumur 25-34 tahun (rata-rata 45% pada perangkat Android dan 51% pada perangkat iOS)
  • Kemudian diikuti oleh kelompok umur 18-24 tahun (rata-rata 22% pada perangkat Android dan 24% pada perangkat iOS) untuk semua negara, kecuali Singapura (16% pada perangkat Android dan 17% pada perangkat iOS).
  • Jumlah konsumen di atas umur 45 tahun sebanding pada semua negara (rata-rata 10% pada perangkat Android dan 7% pada perangkat iOS), dengan Singapura memiliki variasi lebih tinggi (14% pada perangkat Android dan 10% pada perangkat iOS).

Jenis kelamin

Di Indonesia, Vietnam, dan Singapura, jumlah kaum lelaki penikmat belanja online melalui mobile lebih tinggi daripada wanita.

  • Indonesia (58% laki-laki dibandingkan 42% perempuan pada Android; 56% laki-laki dibandingkan 29% perempuan pada iOS)
  • Vietnam (59% laki-laki dibandingkan 40% perempuan pada Android; 55% laki-laki dibandingkan 44% perempuan pada iOS).
  • Singapore (52% laki-laki dibandingkan 47% perempuan pada Android; 49% laki-laki dibandingkan 48% perempuan pada iOS).

Jumlah waktu per sesi

  • Pengguna iOS menghabiskan waktu sekitar 7.2 menit dibandingkan 6.5 menit bagi pengguna Android.
  • Pengguna di Filipina menghabiskan waktu 8.5 menit pada perangkat iOS dan 7.3 menit pada perangkat Android. Sementara pengguna di Singapura menghabiskan waktu minimal 5.4 menit pada perangkat iOS dan 5.1 menit pada perangkat Android.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter