Categories

Gadget

Lebarkan Sayap ke Indonesia, Coolpad Boyong 3 Smartphone Android 4G Unggulannya

Bambang Winarso - 26 June 2015

Pasar smartphone tanah air kembali kedatangan pemain baru yang sebenarnya tak benar-benar baru, Coolpad. Berdiri sejak tahun 1993, Coolpad terbilang sudah kenyang makan asam garam industri perangkat.

Ekspansi Coolpad ke pasar smartphone dilakukan pada tahun 2009 lalu, kendati belum secara resmi hadir di Indonesia namun di tahun 2014 saja mereka sudah mengirimkan lebih dari 24 juta unit ponsel ke tanah air. Menempatkan Indonesia sebagai pangsa pasar terbesar keempat setelah Tiongkok, Amerika Serikat, dan Afrika.

Kehadiran Coolpad ke Indonesia diresmikan dalam event yang digelar di SKYE, Menara BCA, Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2015) dengan memboyong tiga smartphone sekaligus. Mereka adalah Coolpad F103 STAR, E501 SKY, dan F101 SOAR.

Coolpad F103 STAR dan E501 SKY mempunyai amunisi yang nyaris sama, di bagian jeroan misalnya sama-sama menggunakan chipset komputasi 64-bit Snapdragon 410 yang diduetkan dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB. Kamera keduanya juga sama-sama 8MP di bagian belakang dan 5MP di bagian depan serta sistem operasi Android 4.4 KitKat.

Perbedaan keduanya terletak pada ukuran layar yang digunakan. Jika Coolpad F103 STAR menggunakan layar 5 inci, Coolpad E501 SKY lebih lebar dengan layar 5,5 inci dengan ukuran bezel super tipis.

Info Menarik: Perkembangan Pasar Smartphone di Indonesia: Samsung Masih Memimpin, Android One ‘Loyo’

Sementara itu, varian Coolpad F101 SOAR menggunakan chipset MediaTek MT6595M yang terbalut oleh layar selebar 5,2 inci. Ponsel pintar ini menjanjikan performa multitasking yang apik berkat modal RAM 2GB dan memori internal 16GB. Kameranya juga lebih superior, 13MP di bagian belakang dan 8MP sebagai tambahan di depan.

Ponsel masih menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan polesan interface CoolUI yang membuatnya berbeda dengan ponsel KitKat lain.

Ketiga ponsel pintar berteknologi 4G ini dibanderol berbeda, Coolpad F103 STAR dilepas Rp 2,3 juta, kemudian Coolpad E501 SKY dibanderol Rp 3 juta, sementara flagship F101 SOAR dihargai Rp 5,5 juta.

Sumber berita MetroTVnews dan gambar header Coolpad/Twitter.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter