1 April 2015

by Puja pramudya

Lebih Dari 90% Pengguna Sudah Memakai Windows Phone 8.x

Menjelang peluncuruan Windows 10, Microsoft beberapa kali sudah meluncurkan perangkat terbaru yang masih menggunakan Windows Phone 8.1 namun sudah siap untuk di-upgrade ke Windows 10. Beberapa perangkat seperti Lumia 430, Lumia 435, Lumia 532  dan Lumia 640 bahkan sudah bisa didapatkan di Indonesia.

Sobat Trenogoers mungkin bertanya-tanya device mana yang paling populer di kalangan pengguna. Statistik dari AdDuplex untuk bulan Maret ini mungkin bisa memberikan gambaran.

 

 

Perangkat tipe low-end masih mendominasi dari keseluruhan pengguna Windows Phone, 8 dari 10 teratas adalah perangkat tipe ini. Hanya ada 2 perangkat tipe high-end yaitu Lumia 920 dan 925 yang saat ini sudah berumur hampir 3 tahun.

Info menarik: Lumia 435 dan 532 Dual SIM Bawa Fitur Handal Microsoft ke Konsumen ‘Pemula’

Sementara itu, Lumia 630 dan 635 yang tergolong baru dengan segera merangkak menjadi perangkat yang semakin populer. Dari sisi harga dan spesifikasi, 630 dan 635, memang berada ditengah-tengah sehingga lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. Kemungkinan angka ini bisa terus naik seiring dengan migrasi pengguna dari perangkat yang lebih rendah ke seri 63x.

Satu hal yang menarik adalah pengguna perangkat dengan OS Windows Phone 8.x saat ini sudah mencapai 91.5 % dari total handset. Windows Phone 8.1 bahkan mencapai 71 % sendiri. Total jumlah pengguna ini akan mendapatkan kesempatan untuk upgrade ke Windows 10 karena secara spesifikasi perangkat-perangkat yang ada sudah memungkinkan untuk mendapatkan upgrade.

Fakta ini juga mematahkan anggapan bahwa pengguna Windows Phone jarang upgrade seperti pengguna Android. Angka 91.5 % tersebut juga menyamai tingkat adopsi iPhone untuk sistem operasi terbarunya.