Lebih Kecil dari Bola Ping Pong, NeoEye Siap Rekam Video 360 Derajat

Cara penggunaannya gampang, cukup tancapkan di port micro USB milik smartphone

Meski trennya sedang mencuat tinggi, virtual reality (VR) masih belum bisa dibilang benar-benar matang. Penghambat utamanya adalah soal konten yang masih tergolong terbatas. Namun coba bayangkan seandainya semua smartphone dibekali kamera 360 derajat, pastinya jumlah konten yang bisa dinikmati menggunakan VR headset akan meningkat pesat.

Well, itulah premis yang ditawarkan oleh perangkat mungil bernama NeoEye ini. Diameternya tidak sampai 3 cm, lebih kecil daripada bola ping pong. Pun begitu, ia siap mengubah hampir semua smartphone Android menjadi kamera 360 derajat.

Menurut pengembangnya, Etron Technology, NeoEye adalah kamera 360 derajat termungil sejauh ini. Cara penggunaannya sangatlah sederhana: cukup tancapkan ia ke port micro USB milik smartphone, buka aplikasi pendampingnya, dan video 360 derajat dengan efek stereoscopic pun siap direkam.

Selesai merekam, Anda pun bisa langsung menyimak hasilnya menggunakan Google Cardboard maupun VR headset lainnya. Atau kalau ingin pamer ke publik, pengguna tinggal mengunggahnya ke YouTube atau Facebook.

NeoEye rencananya akan mulai dipasarkan sebelum libur Natal tahun ini. Harganya masih belum dipastikan, namun Etron bertekad untuk membanderolnya di bawah $200. Awal tahun depan, Etron berencana untuk merilis NeoEye versi perangkat iOS.

Sumber: Pocket-lint dan Business Wire.