Categories

Gadget

Lebih Ringan dari MacBook Air, LG Gram Punya Spesifikasi Menjanjikan

Glenn Kaonang - 29 September 2015

Seperti yang sudah TRL laporkan, LG kemungkinan akan menghadirkan smartphone anyar pada tanggal 1 Oktober nanti. Namun sebelum kita disibukkan oleh itu, ada produk baru lain dari LG yang juga perlu disorot. Namanya LG Gram, dan ia merupakan sebuah laptop.

LG sendiri sebenarnya sudah memasarkan laptop di beberapa negara, tetapi ini merupakan pertama kalinya mereka masuk ke pasar Amerika Serikat. Maka dari itu, yang menjadi targetnya pun sudah sangat jelas: apalagi kalau bukan MacBook Air, yang memang sangat populer di Negeri Paman Sam tersebut.

Nama LG Gram sendiri mengacu pada fisiknya yang begitu ringkas. Bobotnya cuma hitungan gram, tepatnya 980 gram. Angka ini akan terdengar lebih fantastis saat mengetahui bahwa ukuran layarnya berkisar 14 inci. Dengan kata lain, LG Gram yang berdimensi lebih besar justru lebih enteng ketimbang MacBook Air 11 inci.

Namun bobot ringan ini tak bisa langsung diartikan bahwa laptop ini ringkih. Pada kenyataannya, LG memanfaatkan perpaduan material carbon-lithium dan carbon-magnesium dalam membentuk rangka LG Gram yang ringan sekaligus kokoh. LG Gram juga tipis, dengan bagian paling tebal cuma sekitar 1,3 cm.

Info menarik: LG Class Resmi Diungkap, Usung Bodi Logam yang Amat Tipis

Soal spesifikasi, LG Gram juga terbilang menjanjikan. Layarnya mengandalkan panel IPS beresolusi 1920 x 1080 pixel, yang dikemas dalam bezel super-tipis – sebuah pemandangan yang umum didapat di lini monitor maupun TV besutan LG. Laptop ini hadir dalam 3 varian: satu varian 13 inci dan dua varian 14 inci.

Varian 13 incinya mengemas prosesor Intel Core i5 2,2 GHz, RAM 8 GB dan SSD 128 GB, dibanderol seharga $900. Varian 14 inci yang pertama dibekali spesifikasi yang sama – terkecuali ukuran layarnya – dan dijual seharga $1.000. Sedangkan varian 14 inci yang kedua mengandalkan prosesor Core i7 2,4 GHz, RAM 8 GB dan SSD 256 GB, dilepas seharga $1.400. Semuanya disertai OS Windows 10.

Dari segi konektivitas, tentu saja ada dukungan Wi-Fi dan Bluetooth. Namun yang unik adalah kehadiran slot microSD seperti milik smartphone yang menemani port USB 3.0 dan HDMI – tidak ada port USB 3.1 atau USB-C di sini. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan hingga 7,5 jam nonstop.

Menarik bukan LG Gram ini? Sayangnya ia cuma akan dipasarkan di AS saja. Semoga ke depannya LG Indonesia juga punya keinginan meramaikan pasar laptop di tanah air.

Sumber: PR Newswire via SlashGear.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter