31 October 2017

by Yoga Wisesa

Lebih Ringkas, SteelSeries Apex M750 TKL Juga Bisa Menyampaikan Notifikasi via LED RGB

Uniknya lagi, LED RGB-nya dapat dimanfaatkan sebagai visualizer audio dan bisa memvisualisasi animasi GIF.

Dalam penyajian gaming gear, aspek piranti lunak tak kalah penting dari hardware. Produsen bisa saja menjejalkan komponen berkualitas, tapi tanpa dukungan software yang memadai, pengguna akan kesulitan mengakses fitur-fitur penting penunjang gaming. SteelSeries ialah salah satu nama yang dipercaya dapat menghidangkan keduanya secara seimbang.

Contoh kesimbangan antara dua faktor itu bisa Anda lihat pada Apex M750, yang SteelSeries umumkan di bulan Agustus kemarin. Ia adalah keyboard gaming bersenjata switch mekanis baru buatan SteelSeries sendiri, QX2, dan terintegrasi ke aplikasi Discord via SteelSeries Engine. Perangkat tersebut menyuguhkan rancangan full-size, ideal buat ber-gaming sehari-hari, tapi mungkin kurang ringkas untuk menemani Anda turnamen atau ber-LAN party.

Itulah alasan mengapa sang perusahaan gaming gear asal Denmark memperkenalkan adik kecil dari M750, Apex M750 TKL. Anda mungkin tak kesulitan menerka, TKL adalah kependekan dari kata tenkeyless, mengindikasikan absennya numeric keypad di area kanan papan ketik. Arahan desain ini umumnya diambil karena produsen menitikberatkan portabilitas tanpa mengorbankan faktor kelengkapan tombol terlalu jauh.

Keyboard tenkeyless juga berguna untuk menghemat tempat di meja gaming - sempurna buat para pro gamer karena menyajikan ruang gerak mouse yang lebih luas. Apex M750 memiliki panjang 454-milimeter, sedangkan Apex M750 TKL hanya memakan tempat 370-milimeter. Itu berarti keyboard baru ini memberikan Anda area gerak mouse selebar 8,4-sentimeter lebih banyak.

Spesifikasi dan fiturnya sendiri tak berbeda dari Apex M750. Bingkai tubuhnya terbuat dari logam aluminium 'Series 5000' yang kuat serta ringan, dan sebagai jantungnya, SteelSeries memanfaatkan switch mekanis QX2. Ia merupakan switch tipe linier, menyuguhkan key travel sejauh 4mm, titik actuation di 2mm, dengan resistensi 45cN, serta menjanjikan daya tahan hingga 50 juta kali tekan. Apex M750 TKL tersambung ke PC lewat kabel sepanjang 2m.

Apex M750 TKL turut dibekali sistem lighting LED RGB. Ia bisa mengeluarkan berbagai macam warna (dari palet red-green-blue) dan beragam efek pencahayaan. Tentu saja SteelSeries juga tak melupakan satu fitur eksklusif di sana: keyboard mampu menyampaikan notifikasi Discord lewat LED. Beberapa zona akan menyala saat ada panggilan masuk di app, atau menampilkan warna merah sewaktu fungsi mute diaktifkan. Selain itu, LED RGB dapat dimanfaatkan sebagai visualizer audio dan bahkan bisa memvisualisasi animasi GIF.

Keyboard gaming Apex M750 TKL sudah dapat Anda pesan lewat situs resmi SteelSeries. Produk dijual seharga US$ 130.