LeEco Batal Akuisisi Vizio

LeEco Batal Akuisisi Vizio

Otoritas setempat diklaim sebagai penyebab batalnya akuisisi, di sisi lain isu finansial berhembus cukup kuat
LeEco Akuisisi Vizio Senilai USD2 Miliar
LeEco Akuisisi Vizio Senilai USD2 Miliar

Kejutan terjadi ketika LeEco mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Vizio, produsen televisi ternama di Amerika Serikat dengan mahar sebesar $2 miliar. Namun sejak pengumuman itu, kesepakatan menghadapi hadangan terjal dari otoritas Tiongkok yang klimaksnya membuat LeEco menyerah dan memutuskan untuk tidak melanjutkan kesepakatan akuisisi.

Kendati demikian, kedua belah pihak sepakat untuk meneruskan kerjasama mereka dalam bentuk yang berbeda. Keduanya mengumumkan telah sepakat untuk meneruskan peluang eksplorasi untuk mengintegrasikan aplikasi dan konten Le di platform Vizio, mendongkrak platform EUI milik LeEco bersama dengan kanal distribusi dan konten eksklusif Vizio, serta untuk menghadirkan produk Vizio ke pasar Tiongkok.

Meski tak mengatakan soal isu finansial, namun beberapa waktu yang lalu beredar kabar kurang sedap yang mengatakan bahwa LeEco kehabisan dana akibat ekspansi yang berlebihan. Sejumlah pihak kemudian menghubung-hubungkan isu itu dengan melambatnya proses akusisi Vizio.

Terlepas dari isu dan alasan larangan dari otoritas Tiongkok, akuisisi Vizio oleh LeEco sejak awal terkesan kurang tepat dipandang dari persepektif strategi produk. Faktanya, LeEco dan Vizio adalah dua perusahaan yang saling bersaing. Seperti diketahui, LeEco merakit TV-nya sendiri menggunakan sistem operasi Android untuk pasar Tiongkok, dan sekarang melakukan ekspansi ke Amerika Serikat. Di sisi lain Vizio juga mengembangkan TV OS dan ekosistem sendiri yang sangat sulit diintegrasikan ke produk-produk LeEco.

Sementara dari sisi brand, Vizio sudah sejak lama dikenal baik oleh konsumen di Amerika Serikat. Sedangkan LeEco tampaknya sudah sangat nyaman dengan brand dan image yang mereka punyai saat ini. Mustahil LeEco mau begitu saja “menghapus” brand mereka kemudian meleburkan diri di brand Vizio demi ambisi memuluskan jalan di pasar Amerika Serikat. Kecuali jika LeEco berencana “membunuh” Vizio, sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan posisi di pasar yang baru mereka tapaki.

Sumber berita Techcrunch, DigitalTrends.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…