4 January 2017

by Glenn Kaonang

LeEco Ramaikan CES 2017 dengan Sepasang Sepeda Pintar Bertenaga Android

Mulai dari panduan navigasi, musik sampai fitness tracking, semuanya tersaji pada layar sentuh 4 inci yang tertanam di rangkanya

Mengembangkan mulai dari smartphone sampai mobil kemudi otomatis, LeEco sama sekali tidak boleh dianggap remeh dalam perkembangan industri teknologi. Produk terbarunya yang dipamerkan di ajang CES 2017 agak nyeleneh; bukan smartphone, bukan smart car, melainkan smart bike.

Sepeda pintar ini hadir dalam dua varian: LeEco Smart Road Bike dan Smart Mountain Bike. Keduanya sama-sama mengusung spesifikasi sepeda premium, seperti rangka serat karbon Toray T700 dan drivetrain 11 percepatan. Bobot Smart Road Bike berkisar 8,4 kg, sedangkan Smart Mountain Bike 12,2 kg karena mengemas komponen yang lebih tahan banting.

Namun yang paling perlu disorot adalah integrasi sistem BikeOS yang diadaptasikan dari Android 6.0 Marshmallow. Pengoperasiannya mengandalkan layar sentuh 4 inci yang tertanam di rangka masing-masing sepeda, lengkap dengan dukungan chipsetquad-core Snapdragon 410 dan baterai berkapasitas 6.000 mAh.

LeEco Smart Mountain Bike / LeEco

Sistem ini akan menyajikan panduan navigasi turn-by-turn dari platform HERE Maps yang benar-benar disesuaikan untuk para pesepeda, memutar musik secara offline maupun via layanan streaming serta komunikasi ala walkie-talkie dengan pengguna Smart Road Bike atau Mountain Bike lain.

Berbekal sensor-sensor macam GPS, accelerometer, barometer dan lain sebagainya, kedua sepeda pintar ini juga berfungsi sebagai sebuah fitness tracker. Pengguna pun bisa menyambungkan tracker atau sensor eksternal yang kompatibel dengan platform ANT+.

Konsumen juga tak perlu cemas ketika hujan turun, sebab semua komponen elektroniknya dibungkus dalam kemasan tahan air bersertifikasi IP54. Meski harganya belum diumumkan, kedua sepeda pintar ini rencananya akan dipasarkan mulai kuartal kedua tahun ini di Amerika Serikat.

Sumber: CNET dan PR Newswire.