Categories

Gadget

Lego Ciptakan Replika 1:1 Bugatti Chiron yang Bisa Dikemudikan

Tentu saja tidak sengebut aslinya, tapi tetap mengesankan mengingat mesinnya pun terbuat dari Lego

Glenn Kaonang - 4 September 2018

Juni lalu, Lego menciptakan miniatur supercar Bugatti Chiron berskala 1:8 dari 3.599 biji Lego Technic. Produsen mainan asal Denmark yang namanya selalu diasosiasikan dengan kreativitas itu tampaknya belum puas, sebab mereka baru saja memamerkan kreasi yang lebih gila lagi, yakni replika 1:1 dari Bugatti Chiron.

Tidak tanggung-tanggung, tim Lego menghabiskan lebih dari 13.000 jam untuk mewujudkannya. Total ada lebih dari satu juta biji Lego Technic yang digunakan, dan semuanya tanpa memanfaatkan perekat sama sekali. Namun yang paling mengejutkan, replika berbobot 1,5 ton ini ternyata dapat dikemudikan oleh manusia.

Tentu saja larinya tidak mungkin sengebut Bugatti Chiron aslinya. Kecepatan maksimum replika Lego-nya ini cuma 20 km/jam, jauh dari top speed Chiron yang tercatat di angka 420 km/jam. Kendati demikian, angka itu sudah cukup mengesankan mengingat ‘mesin’ yang diusung juga terbuat dari Lego, tepatnya dari ribuan motor penggerak dari platform Lego Power Functions yang sanggup menghasilkan tenaga 5,3 hp dan torsi 92 Nm.

Juga berbeda dari miniaturnya, replika ini tidak bisa dibeli oleh konsumen. Lego hanya bermaksud menjadikannya sebagai showcase, sekaligus membuktikan tagline Lego Technic yang berbunyi “Build for Real”. Lego bahkan berhasil membujuk test driver resmi Bugatti, Andy Wallace, untuk mengemudikan replika ini di sirkuit pengetesan tempat Bugati Chiron asli diuji.

Selagi kita menonton videonya di bawah, semoga saja tim Lego sedang mengerjakan replika Bugatti Divo sekaligus miniaturnya yang bisa konsumen beli ke depannya.

Tonton juga video pembuatannya yang tak kalah menarik.

Sumber: Lego.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter