21 June 2018

by Lukman Azis

Leica C-Lux, Kamera Saku dengan Kemampuan Super Optical Zoom 15x

Leica C-Lux dilengkapi dengan lensa zoom 24-360mm F3.3-6.4 dan sensor BSI-CMOS 1 inci 20-megapixel

Pasar compact camera atau kamera digital saku entry-level, eksistensinya memang telah tergerus oleh smartphone. Namun kamera saku high-end belum mati dan masih punya kemampuan yang tidak dimiliki oleh ponsel pintar.

Ya, kemampuan tersebut adalah optical zoom yang mampu memperluas atau mempersempit bidang pandang tanpa menurunkan kualitas foto. Keunggulan itu juga diusung oleh kamera saku terbaru besutan Leica.

Pabrikan kamera asal Jerman itu telah mengumumkan Leica C-Lux, kamera saku dengan kemampuan super optical zoom 15x dan digital zoom 2x. Sangat ideal sebagai teman travelling, ditunjang bentukan yang ringkas berdimensi 113x67x46 mm yang tidak makan tempat, dan bobot yang ringan 340 gram saja.

Lebih jauh, Leica C-Lux dilengkapi dengan lensa zoom 24-360mm F3.3-6.4 dan sensor BSI-CMOS 1 inci ukuran 20-megapixel. Hasil bidikannya bisa disimpan dalam format JPEG atau RAW agar lebih leluasa meng-edit nantinya.

en.leica-camera.com

en.leica-camera.com

Saat memotret, Anda bisa memanfaatkan monitor LCD 3 inci (1,2 juta titik) dan karena sudah mendukung layar sentuh maka Anda bisa menentukan fokus dan shutter melalui layar. Selain itu, Leica C-Lux juga telah dilengkapi dengan viewfinder dengan resolusi 2,3 juta titik dan pembesaran 0,53x.

Soal perekam video, Leica C-Lux mampu merekam video hingga resolusi 4K dengan frame rate 30 fps dan bit-rate 100 Mbps. Kamera saku ini juga dilengkapi fitur 4K Photo yang memperbolehkan Anda mengambil foto JPEG 8-megapixel dari video 4K tersebut.

Hasil foto dan video tersebut bisa dengan mudah Anda kirim ke smartphone melalui konektivitas WiFi dan Anda juga bisa mengendalikan kamera dari jarak jauh. Mengenai harga dan ketersediaan, Leica C-Lux dibanderol US$1050 atau sekitar Rp14,7 jutaan dan tersedia mulai bulan Juli dengan pilihan warna midnight blue atau light gold.

Sumber: Dpreview