21 November 2018

by Glenn Kaonang

Leica D-Lux 7 Adalah Saudara Kembar Lumix LX100 II dengan Penampilan Lebih Elegan

Spesifikasinya sama persis, mengandalkan sensor Four Thirds 17 megapixel dan lensa 24-75mm f/1.7-2.8

Leica merilis Leica Q-P belum lama ini. Fisik kamera tersebut ringkas dan stealthy, tapi di saat yang sama mengemas sensor full-frame yang amat kapabel dan lensa fixed ber-aperture besar. Seperti biasa, kendalanya selalu pada harga; banderol Leica Q-P mencapai angka $4.995.

Kalau Anda mencari alternatif yang lebih terjangkau serta tidak memerlukan sensor full-frame, ada Leica D-Lux 7 yang baru saja diluncurkan. Kamera ini pada dasarnya merupakan Panasonic Lumix LX100 II yang dikemas ulang dengan gaya desain khas sang pabrikan Jerman.

Maka dari itu, spesifikasinya pun sama persis. Utamanya adalah sensor Four Thirds 17 megapixel, dengan tingkat ISO maksimum 25600 dan kemampuan merekam video 4K 30 fps. Dimensi sensornya memang tidak sebesar full-frame, tapi masih lebih besar dibandingkan mayoritas kamera saku yang ada di pasaran.

Lensa yang digunakan juga sama, yakni Vario-Summilux 24-75mm f/1.7-2.8, sehingga ia lebih fleksibel ketimbang Leica Q-P. Pada lensanya ini ada tuas untuk mengubah aspect ratio antara 3:2, 4:3, 16:9 atau 1:1 ala Instagram. Selain itu, ada pula tuas untuk mengganti mode autofocus.

Panel atasnya diisi oleh kenop shutter speed dan exposure compensation, sedangkan panel belakangnya menjadi rumah untuk viewfinder elektronik beresolusi 2,76 juta dot dan layar sentuh 3 inci beresolusi 1,24 juta dot. Sekali lagi, semuanya sama persis seperti yang ada pada Lumix LX100 II, hanya saja penampilannya terkesan lebih elegan.

Gerbang pre-order Leica D-Lux 7 saat ini sudah dibuka. Harganya dipatok $1.195, tidak terpaut terlalu jauh dari saudara kembar beda mereknya tersebut.

Sumber: DPReview.