Masih Ringkas, Leica Q2 Usung Sensor Full-Frame 47 Megapixel dan Bodi Weatherproof

Masih Ringkas, Leica Q2 Usung Sensor Full-Frame 47 Megapixel dan Bodi Weatherproof

Juga andalkan sejumlah perbaikan desain yang sepele namun sangat berguna
Leica Q2 / Leica
Leica Q2 / Leica

Hampir empat tahun berselang, Leica Q akhirnya resmi punya penerus, bukan sebatas varian baru yang mengusung perubahan minor. Dinamai Leica Q2, penampilan luarnya nyaris sama, akan tetapi hampir semua bagian dalamnya sudah dirombak secara drastis.

Yang paling utama, resolusi sensor full-frame miliknya naik secara signifikan, dari ‘cuma’ 24 megapixel menjadi 47,3 megapixel pada Q2 – kebetulan resolusi sensor Lumix S1R sama persis, tapi apa benar cuma kebetulan? Dibantu dengan prosesor Maestro II, sensor ini mampu menjepret tanpa henti dengan kecepatan 10 fps, sedangkan sensitivitasnya berada di rentang ISO 50 – 50000.

Lensa yang menancap adalah Leica Summilux 28mm f/1.7 ASPH, bisa jadi sama seperti yang terpasang pada pendahulunya. Kendati demikian, Q2 masih menawarkan fleksibilitas dalam mengatur komposisi berkat fitur crop yang memungkinkan pengguna untuk memotret dengan pilihan focal length 35mm, 50mm, dan 75mm.

Juga merupakan perubahan besar adalah kemampuan merekam videonya. Bukan lagi 1080p, resolusi 4K sudah menjadi opsi standar di sini. Tidak pernah ada yang bilang kamera Leica cuma pantas dipakai untuk memotret saja, bukan?

Leica Q2

Meski fisik Q2 nyaris identik dengan pendahulunya, Leica sebenarnya sudah menerapkan sejumlah perbaikan desain demi menjadikannya lebih intuitif. Dari yang sepele seperti kenop dioptri untuk viewfinder elektronik (EVF), yang kini harus ditekan terlebih dulu sebelum bisa diputar demi mencegah perubahan yang tidak disengaja.

Perubahan sepele lain yang sangat bermanfaat adalah tombol programmable pada kenop di ujung kanannya. Tombol pengoperasiannya juga sudah disederhanakan menjadi tiga saja, diposisikan di sebelah kiri LCD 3 inci beresolusi 1,04 juta dot-nya.

Leica Q2

Untuk EVF-nya, Q2 masih menggunakan panel beresolusi 3,68 juta dot, namun panel tersebut kini merupakan panel OLED, serta sudah mendukung refresh rate yang tinggi demi meminimalkan lag. Kita juga tidak boleh lupa bahwa Leica Q2 mengusung sasis magnesium yang weather resistant (IP52), dan itu tanpa mengubah dimensinya jika dibandingkan dengan Leica Q orisinal.

Wi-Fi dan Bluetooth LE sudah menjadi fitur standar pada Q2, sedangkan baterainya diklaim sedikit lebih awet karena bisa tahan sampai 370 jepretan. Leica Q2 saat ini sudah dipasarkan dengan banderol $4.995, tidak berbeda terlalu jauh dari harga awal Leica Q.

Sumber: PetaPixel dan DPReview.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…