6 September 2017

by Glenn Kaonang

Lenovo Home Assistant Pack Ubah Lenovo Tab 4 Jadi Smart Speaker Alexa Berlayar Interaktif

Seperti Amazon Echo Show, hanya saja layarnya dapat dilepas dari unit speaker-nya

Bulan Mei kemarin, Amazon meluncurkan sebuah perangkat unik bernama Echo Show yang menggabungkan kecerdasan asisten virtual Alexa dengan layar sentuh interaktif. Di ajang IFA 2017, Lenovo memamerkan perangkat serupa, namun dengan konsep yang berbeda yang mengedepankan aspek modular.

Dijuluki Lenovo Home Assistant Pack, ia sebenarnya merupakan aksesori untuk lini tablet Lenovo Tab 4. Pengguna dapat menancapkan tablet-nya ke konektor USB-C di salah satu sisi Home Assistant Pack, dan layar tablet akan secara otomatis menyuguhkan tampilan home assistant yang dilengkapi integrasi Alexa.

Kombinasi ini sejatinya mampu menyajikan kapabilitas setara Amazon Echo Show. Meski bobotnya cuma 300 gram, Home Assistant Pack dilengkapi sepasang speaker berdaya masing-masing 3 watt yang diyakini mampu mengisi ruangan besar sekalipun, sedangkan dua mikrofonnya diklaim dapat menangkap perintah suara pengguna dari jarak sejauh tiga meter.

Konsep modular disajikan lewat dua set aksesori opsional untuk Home Assistant Pack. Yang pertama adalah Kid’s Pack, yang mencakup bumper protektif, blue-light filter dan stiker 3M – plus pengguna dapat mengaktifkan mode khusus pada tablet guna menyajikan konten khusus anak-anak. Yang kedua, Productivity Pack, meliputi sebuah keyboard case untuk Tab 4 dan interface khusus produktivitas.

Lenovo berencana memasarkan Home Assistant Pack mulai Oktober mendatang seharga $80. Digabungkan dengan Tab 4 8 yang cuma seharga $109, konsumen bisa mendapatkan smart speaker Alexa berlayar interaktif dengan harga lebih murah dari Amazon Echo Show.

Sumber: Android Authority dan Lenovo.