2 March 2015

by Yoga Wisesa

Lenovo Ideapad MIIX 300 Suguhkan Produktivitas Tinggi di Harga Terjangkau

Siapa tak mau perangkat dengan level produktivitas tinggi tapi bisa dibeli tanpa menghambur isi dompet terlalu banyak? Sejak akhir tahun lalu, bermunculanlah beragam device produktif serbaguna. Tak lama setelah HP, kali ini giliran Lenovo menggunakan momentum MWC 2015 untuk mengenalkan tablet-tablet anyar. Dan Miix 300 boleh dibilang yang paling menarik.

Ada beberapa alasan yang membuat Lenovo Ideapad MIIX 300 tampak menggoda. Lenovo menjelaskan bahwa MIIX 300 merupakan platform ideal untuk menyelesaikan pekerjaan seperti berkirim email, melakukan konferensi video, atau mempresentasikan konten digital. Namun ia tak cuma dititikberatkan demi bisnis. MIIX 300 diracik agar kebutuhan hiburan juga bisa terpenuhi.

Berjalan di sistem operasi Windows 8.1, tablet baru dari Lenovo itu menyuguhkan layar LCD IPS 8-inci di resolusi 1280x800-pixel, memastikan tulisan mudah dibaca. Bahkan untuk produk dengan harga ekonomis, Lenovo tak mau mengabaikan penampilan Ideapad MIIX 300. Bentuknya cukup manis, dilindungi body berbahan aluminium ditambah finishing warna 'platinum silver'. MIIX 300 memiliki ketebalan 9,3 milimeter dan berat 360 gram.

Ideapad MIIX 300 mengambil tenaga dari prosesor quad-core Intel Atom Bay Trail T CR, ada RAM 2GB, GPU Intel terintegrasi, penyimpanan eMMC sebesar 64GB yang dapat diekspansi via kartu microSD. Kelengkapan lain mirip dengan produk tablet pada umumnya: konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.0, speaker 1 Watt, termasuk kamera depan 2-megapixel serta kamera utama bersensor 5-megapixel. Ia menjanjikan baterai berdaya tahan tujuh jam pemakaian standar.

Info menarik: TAB 2 A10-70 dan TAB 2 A8, Amunisi Baru Lenovo Arungi Persaingan Segmen Tablet

"Lenovo Ideapad MIIX 300 adalah tablet Windows 8-inci yang digarap untuk produktivitas," begitu deskripsi sang pembuatnya. Ia dirancang demi menyediakan pengguna sebuah perangkat ringan dan portable, namun tetap menjaga keseimbangan antara alat bekerja dan gerbang hiburan. MIIX 300 sudah dibundel bersama suite software Microsoft Office 365, dengan waktu berlangganan gratis selama satu tahun.

Tak banyak rincian informasi lain mengenai Ideapad MIIX 300 selain yang Lenovo tuliskan dalam press release dan lembar spesifikasi online. Sang perusahaan asal Beijing itu seolah-olah menjaga MIIX 300 supaya tetap sederhana dan tidak berbelit-belit. Jika Anda membutuhkan device berkemampuan lebih spesifik, Lenovo telah menyiapkan modeal TAB 2 A10-70 dan TAB 2 A8.

Rencananya Ideapad MIIX 300 akan tersedia mulai bulan Juli 2015, hanya dibanderol US$ 150. Mari bandingkan dengan HP Stream 8, mampukah MIIX 300 menjadi 'Chromebook-killer killer'?